TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

F-16 DAN SUKHOI 27/30 UNJUK KEMAMPUAN DILANGIT JAKARTA

By 03 Sep 2013 14:53Berita
IndonesianAF 1

Jakarta, Penkoopsau I. Pesawat Sukhoi dan F-16 terbang melintas di atas Istana Merdeka pada gladi kotor Latihan Flypass, Selasa (13/8). Latihan ini adalah dalam rangka Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68, direncanakan Upacara detik-detik peringatan HUT RI ke-68 dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.

Komandan Skadron Udara 3 Dragon F-16 Letkol Pnb Setiawan memimpin formasi ”Double V” Garuda Elemen I yang terdiri dari enam pesawat F-16, sedangkan Kolonel Pnb Eko Putro.memimpin formasi Garuda Elemen II. Sebelum kegiatan gladi kotor dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan briefing penerbangan dari seksi yang terkait seperti Meteo, Pllu, Flight Schedule,Safety Officer, Arahan Koordinator demo udara serta arahan dari Pangkoopsau I Marsda TNI M. Syaugi, S.Sos.

Menurut Asops Kas Koopsau I Kolonel Pnb Teddy Rizalihadi yang dalam hal ini selaku Koordinator demo udara menjelaskan bahwa Garuda Flight merupakan call sign yang digunakan dalam kondisi terbang melintas, dengan ketinggian 1000 feet. Direncanakan “Thunder flight” akan mengangkasa pada pukul 09.00 WIB dan diikuti “Falcon Flight” pada pukul 09.15 WIB dan yang paling terpenting adalah Safety jelas Asops Kas Koopsau I.

Lebih lanjut Pangkoopsau I Marsda TNI M. Syaugi, S.Sos yang melaksanakan pengecekan dilapangan menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kehormatan dan penghargaan Presiden Republik Indonesia kepada TNI AU. Sebab, ini kali ketiga, pesawat-pesawat kebanggaan milik bangsa Indonesia, diberi kepercayaan untuk mengisi perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. yakni tahun 2011, 2012, dan pada tahun 2013 ini.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

F-16 DAN SUKHOI 27/30 UNJUK KEMAMPUAN DILANGIT JAKARTA