Berita

F-16 Force Down Pesawat Asing di Lanud Soewondo

Dibaca: 20 Oleh 20 Feb 2017Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Pesawat tempur TNI Angkatan Udara jenis TS F-16 Falcon dari Skadron Udara 16 berhasil melaksanakan force down (pendaratan paksa) terhadap pesawat asing jenis intai di Lanud Soewondo yang melaksanakan penerbangan gelap di perairan Barat Daya Sumatera dengan melakukan pelanggaran wilayah memasuki teritorial Indonesia, Jum’at (17/2).

Keberhasilan tersebut berawal dari informasi yang disampaikan dari Kosek III pada pukul 09.16 Wib, dimana piket Kosek III Medan melalui Radar TNI AU melihat adanya pesawat asing yang melintas di perairan Barat Daya Sumatera yang melakukan pelanggaran wilayah yuridiksi nasional.

Dari informasi tersebut, pesawat TNI AU langsung secara sigap melaksanakan pengejaran, dengan mengerahkan dua pesawat tempur F-16 Falcon, TS 1603 dan TS 1610 menuju kesasaran. Pada saat pesawat tempur F-16 melaksanakan pengejaran terhadap pesawat asing, Unsur terkait penerbangan dan pengamanan Lanud Soewondo melaksanakan siaga dilanjutkan dengan memasuki kedudukan masing-masing. Setelah berhasil di force down, pesawat asing diarahkan ke Apron Charlie Lanud Soewondo, dengan melibatkan unsur Lanud yang terdiri dari Intelijen, Pomau, Hanlan dan Paskhas mengamankan Crew pesawat beserta dokumen yang dimiliki dan selanjutnya dibawa menuju VIP room guna pemeriksaan kesehatan dilanjutkan investigasi oleh personel Intelijen, Pomau dan Hukum terhadap crew pesawat berikut dokomen yang dibawa.

Baca juga:  OLAH RAGA BERSAMA MUSPIDA ACEH

Demikian skenario dari jalannya latihan “Cakra C-17” tahun 2017 yang dilaksanakan di Lanud Soewondo Medan yang terlaksana dengan baik, aman dan lancar.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel