TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Fakta Dibalik Penyambutan Api Obor Asian Games Di Malang

By 23 Jul 2018Berita
OBOR_ABD

TNI AU. Perjalanan panjang obor Asian Games 2018 ternyata melibatkan banyak pihak. Salah satu diantaranya adalah anggota Lanud Abdulrachman Saleh Malang. Berbagai kegiatan seremonial digelar di Lanud Abdulrachman Saleh dibawah komando Danlanud Marsma TNI Andi Wijaya, S.Sos., termasuk pengawalan dengan menggunakan empat pesawat Super Tucano.

Selain itu, Lanud Abdulrachman Saleh memiliki peran besar dalam mensukseskan Tourch Relay Asian Games 2018, yakni berupa misi khusus pengambilan Cartridge Torch Relay Obor Asian games beserta perlengkapan pendukung lainnya.

Kepala penerangan Lanud Abdulrachman Saleh Letkol Sus Giyanto menuturkan, bahwa pengambilan Cartridge Torch Relay Obor Asian Games tersebut merupakan tugas dadakan dari pimpinan dan harus segera dilaksanakan.

“Untuk melaksanakan tugas itu, kami TNI AU menyiapkan pesawat Cassa A-2111 dengan crew Letkol Pnb Wisnu Aji Prabowo selaku Komandan Skadron Udara 4 Wing 2 Lanud Abd Saleh dan co pilot Lettu Pnb Candra”, terang Gyanto kepada Sketsanews.com, Minggu, 22/7/2018.

Proses pengangkutan Cartridge Torch Relay Obor Asian Games 2018. (Foto: Imam Muchlis/Pen). Sementara itu, Komandan Skadron Udara 4 Letkol Pnb Wisnu Aji Prabowo menyampaikan, bahwa pihaknya melaksanakan misi khusus itu dari Lanud Adi Soemarmo Solo. Pengambilan yang diberangkatkan dari Malang menuju Solo dan kembali ke Malang itu dilaksanakan dalam waktu singkat, yakni hanya 3 jam. “Karena Cartride atau gas ini sangat segera dibutuhkan untuk pelaksanaan Torch Relay Obor Asian games 2018”, kata Danskadron Udara 4.

Lebih Lanjut Danskadron Udara 4 menambahkan, bahwa untuk pengangkutan gas tersebut harus melalui prosedur pemeriksaan dan proses loading barang yang aman. Selain itu, gas tersebut harus ditempatkan dalam wadah khusus pada sisi Ramp Door agar apabila terjadi kebocoran, gas akan keluar dari pesawat melalui celah-celah kecil pintu pesawat. “Selain dari pada itu, untuk penerbangan pun dilaksanakan hanya dibawah ketinggian 10.000 Feet”, imbuh Letkol Pnb Wisnu A.P.

Pengangkutan Cartridge Torch Relay Obor Asian Games 2018 dengan menggunakan pesawat Cassa A-2111. Komandan Skadron Udara 4 juga mengaku bangga karena telah melaksanakan misi dengan sukses serta telah berpartisipasi dalam mensukseskan event Asian Games 2018. “Kami berharap kedepan Skadron Udara 4 makin eksis dalam mendukung event Nasional, di samping tetap melaksanakan tugas pokok secara profesional”, pungkas Letkol Pnb Wisnu Aji Prabowo.

Fakta Dibalik Penyambutan Api Obor Asian Games Di Malang