Berita

Fenomena Rongga Mulut Pada Usia 40 Tahun Ke Atas

Dibaca: 6 Oleh 26 Mei 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Secara fisiologis, pada usia lanjut (diatas 40 tahun) manusia akan mengalami penurunan fungsi organ tubuh. Penurunan fungsi tersebut juga terjadi di rongga mulut, mulut kering merupakan situasi yang sering dijumpai pada usia lanjut terutama setelah mengalami menopause/andropause.

 

Selain faktor usia, terjadinya mulut kering juga dapat disebabkan oleh faktor phsycologis (gelisah, sedih dan kondisi tertekan), efek samping pengobatan, perubahan hormonal (menstruasi dan kehamilan) dan efek samping radioterapi atau kemoterapi.

 

Sehingga sangat berpengaruh kepada air ludah, sementara air liur yang berada di mulut merupakan bagian terpenting dalam perawatan rongga mulut. Di dalam air ludah terkandung sistem pertahanan alamiah yang berfungsi menjaga keseimbangan ekologi flora mulut.

 

Demikian dikatakan penceramah kesehatan Gigi dan mulut Alexander Agung Suhadi, MBA dihadapan para pejabat Teras TNI AU, Perwira Menengah, Perwira pertama, dan PNS TNI AU Golongan III, di Mabesau, Cilangkap Jakarta Timur Rabu (19/9).

Baca juga:  Air Force Band Pernah Tampil di Hadapan Presiden RI

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel