Berita

FESTIFAL LAYANG-LAYANG INTERNASIONAL

Dibaca: 5 Oleh 21 Mei 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Sebagai salah satu pelopor olahraga kedirgantaraan lanud Balikpapan mendapat kehormatan untuk turut berpartisipasi dalam festifal laying-layang berskala Internasional yang diadakan di pantai manggar segara, Balikpapan (19-21/2). Dalam kesempatan tersebut Lanud Balikpapan menyumbang 2 buah layang-layang masing-masing berbentuk Swa Bhuwana Paksa dan juga Helikopter sebagai trade mark Angkatan Udara. Sebagai acara tambahan juga dipertontonkannya pertunjukan tim paramotor dari Lanud Balikpapan untuk menambah kemeriahan acara tersebut.

 

Misi utama festival ini, memecahkan rekor dunia dan masuk Guinness World Record dalam hal peserta terbanyak menaikkan layang-layang, Minggu (21/2) besok. Sayangnya, festival yang dibuka Wakil Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, pukul 15.00 Wita kemarin menuai sedikit masalah. Angin yang jadi faktor utama layang-layang justru berembus malu-malu. Alhasil, hari pertama, peserta kesulitan menarik benang mereka ke atas.

 

Di luar itu, festival ini diikuti 15 negara di antaranya Amerika Serikat, Australia, Tiongkok, India, Spanyol, Jerman, Perancis, Belanda, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Sementara 25 peserta nasional berasal dari Museum Layang-layang Indonesia. David Gomberg, presiden Organisasi Layang-layang Internasional menyampaikan pesan penting dari layang-layang.

Baca juga:  Taklimat Awal BPK RI di Lanud Sam Ratulangi

 

Terutama hubungannya yang erat dengan iklim dan lingkungan. Jika angin mampu menerbangkan layang-layang, itu berasal dari kekuatan alam. Jadi, selalu jaga kondisi lingkungan,” ungkapnya. Hari ini, gelaran diisi beberapa lomba, di antaranya menggambar di atas layang-layang bagi murid SD, serta adu kreatif pembuatan layang-layang. Sementara besok, rekor yang sebelumnya diciptakan di Israel dengan menaikkan 3.100 layang-layang bakal dipecahkan Kota Minyak. Targetnya, 5.000 peserta dengan mengerahkan pelajar di Balikpapan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel