Berita

Festival Tari Ogel-ogel Malangan dan Kreativitas Melukis PAUD se-Singosari di Lanud Abd Saleh

Dibaca: 41 Oleh 31 Okt 2019Tidak ada komentar
Festival Tari Ogel-ogel Malangan dan Kreativitas Melukis PAUD se-Singosari di Lanud Abd Saleh
#TNIAU 

TNI AU. Lebih dari sembilan ratus murid-murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se- Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang mengikuti Festival Tari Ogel-ogel Malangan dan Kreativitas Melukis di Lapangan Dirgantara, Lanud Abdulrachman Saleh, Rabu (30/10).  Festival dua tahunan PAUD se-Singosari tersebut pada tahun ini memilih Lanud Abdulrachman Saleh sebagai lokasi kegiatan sekaligus untuk mengenal alat transportasi udara (pesawat) juga profesi sebagai tentara.

Menurut Ketua Panitia Dra. Agnita Kusumawardani tujuan festival untuk mengenalkan budaya lokal dengan tarian ogel-ogel Malangan serta peningkatan kreatifitas dengan melukis. Hal ini sesuai temanya yaitu “Melalui Budaya Lokal Kita Tanamkan Cinta Tanah Air Sejak usia Dini.” Ditambahkannya terdapat 38 lembaga Kelompok Bermain se-Singosari dengan jumlah murid sekitar 923 anak beserta mamanya dan ratusan guru yang mendampingi para murid sebagai peserta festival. Perlombaan dibagi dalam tiga kelompok umur yaitu 3-4 tahun, 4-5 tahun dan 5-6 tahun.

Sementara itu Nyonya Cynthia Hesly Paat, Ketua Cabang Yasarini Lanud Abdulrachman Saleh menyampaikan rasa gembiranya karena pada tahun 2019 ini kegiatan festival anak PAUD se-Singosari dilaksanakan di Lanud Abdulrachman Saleh. Ditambahkan di Lanud Abdulrachman Saleh hingga kini terdapat Kelompok Bermain (KB) Angkasa yang telah menginjak usia ke-4 tahun dan memiliki empat KB di empat komplek pemukiman dengan mendidik sekitar 70 murid.  Mereka semua mengikuti festival tari Ogel-ogel Malangan dan kreativitas melukis guna mengenalkan budaya lokal secara lebih awal.

Baca juga:  Kasau Dan Ketua Umum Yasarini Tinjau Kesiapan Grand Opening “SMA Pradita Dirgantara”

Rangkaian acara festival meliputi menyanyikan Lagu Indonesia Raya, laporan Ketua Panitia, sambutan Ibu Ketua Yasarini Cabang Lanud Abdulrachman Saleh, sambutan Bunda PAUD Kecamatan Singosari, penyerahan cinderamata dan penampilan Drum Band SMK Penerbangan Singosari. Sebagai acara inti adalah gerak dan lagu anak-anak PAUD, Senam Gemari, Tari Ogel-ogel Malangan yang diikuti seluruh tamu dan undangan dan lomba melukis.

Euis Suswati, S.Pd., Ketua Himpaudi Kecamatan Singosari dengan terselenggaranya acara festival tersebut menyampaikan terima kasihnya kepada Lanud Abdulrachman Saleh yang telah mendukung kegiatan festival. Ditambahkan, selama ini murid PAUD se-Kecamatan Singosari tidak seluruhnya dapat berkunjung ke Lanud Abdulrachman Saleh yang memiliki museum, monumen pesawat dan pesawat yang operasional karena terkendala berada di kawasan markas militer.  Namun setelah kegiatan festival pada kenyataannya kunjungan dapat diakomodir asalkan telah berizin sebelumnya. Ditambahkannya kunjungan ke Lanud Abdulrachman Saleh untuk melihat pesawat dan profesi sebagai prajurit TNI AU merupakan sebuah kebanggaan yang dapat menimbulkan inspirasi bagi murid-murid PAUD.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel