Berita

Festival Rempah Sumsel 2020

Dibaca: 23 Oleh 26 Okt 2020Tidak ada komentar
FESTlVAL REMPAH SUMSEL 2020
#TNIAU 

TNI AU. PIA Ardhya Garini Cab 10/D.l Lanud Sri Mulyono Herlambang memeriahkan festival rempah Sumatera Selatan 2020 di Halaman Griya Agung. Sabtu.(24/10/2020).

Festival rempah 2020 digagas oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel yang juga diikuti olah Persit Kartika Candra Kirana Kodam II SWJ, organisasi Ibu Bhayangkari, PIA Ardhya Garini Cab 10 D. l Lanud Sri Mulyono Herlambang, Jalasenatri Lanal Palembang, serta organisasi wanita lainnya Provinsi Sumatera Selatan. Dalam Festival rempah Sumsel 2020 PIA Ardhya Garini Cab 10/D.l Lanud Sri Mulyono Herlambang menampilkan berbagai macam jamu dan minuman yang terbuat dari rempah-rempah.

Festival ini diresmikan oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru. Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Selatan mengatakan bahwa rempah Indonesia adalah tanaman yang begitu terkenal, bahkan rempah Indonesia tersebut adalah salah satu alasan mengapa Belanda datang ke tanah air ratusan tahun yang lalu. “Tiga ratus lima puluh tahun Belanda berada di Indonesia ini, tujuan utamanya ingin menguasai rempah,” imbuhnya.

Menurutnya, sudah sejak ratusan tahun yang lalu leluhur bangsa-bangsa di dunia membutuhkan rempah. Sebagai contoh, Belanda datang ke Ternate untuk mencari pala. Ini berarti, orang Indonesia pada lima abad yang lalu telah mengetahui khasiat dan nilai komersial pala.

Rempah di Provinsi Sumatera Selatan memiliki lebih banyak ragam bila dibandingkan daerah lain. “Apa yang tidak tumbuh di sini? Keanekaragaman rempah. Bahkan, kadang kita tahu dari tempat lain bahwa di tempat kita ada,” ulasnya.

Dikatakannya, inisiatif Festival Rempah 2020, digagas oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Selatan bersama para mitra. Ia pun menilai kegiatan ini juga dapat menjadi ajang pembuktian bahwa perempuan memiliki kemampuan.

Festival Rempah 2020 dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu (24-25/10). Kegiatan ini dihadiri juga oleh Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan Kartika Sandra Desi, Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Firman Wirayuda, serta sejumlah kepala daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan.

Baca juga:  Danlanud HLO Turut Mendampingi Gubernur Sultra Vicon Bersama Menkopolhukam

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel