TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

First Aid And Trauma Casuality Care Training In Lebanon

By 20 Feb 2019 February 21st, 2019 Berita
IMG-20190118-WA0031

TNI AU.   Pada hari Selasa, tgl 15 Januari 2019, Sector East mengadakan kegiatan First Aid and Trauma Casuality Care Training joint with LAF yg dilaksanakan mulai tanggal 15 – 18 Januari 2019 bertempat di India Batalyon UNP 4-2 Sector East Libanon. Pelatihan ini merupakan 1 program gabungan Sector East dengan Lebanon Armed Force (LAF) serta melibatkan perwakilan dari tiap-tiap kontingen negara yang berada di Sector East, yaitu Nepbatt, Indbatt, Spanbatt, Serbia, Indobatt dan Indonesia yang diwakili oleh Sertu Ratna Agustina Sari dan Sertu Nidya. Sebagai pemberi materi adalah Mayor Dr. Muzafar Ahmad dari Indbatt (India Battalyon).

Pelatihan ini mengutamakan peserta yang belum memiliki basic kesehatan karena ini merupakan 1 kegiatan pengetahuan dasar penanganan yang bukan hanya bisa dilaksanakan oleh orang medis tetapi juga bagi mereka yang mempunyai pengetahuan tentang penanganan kesehatan. Pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari ini membahas serta melatih para peserta tentang bagaimana cara penanganan pertama pada korban saat terjadi kecelakaan di daerah misi, bagaimana peserta mampu memberi pertolongan pertama dan memanfaatkan barang2 di sekitarnya untuk mendukung pelaksanaan paramedis. Pengetahuan2 tersebut meliputi, bagaimana ketika ada rekan yang terkena luka tembak, terpatok ular, tenggelam, patah tulang, mengalami luka bakar, serta harus segera mendapatkan Resusitasi Jantung Paru (RJB). Selain itu juga diberikan materi tentang kesehatan lapangan yang memanfaatkan baju, karung beras hingga kopel serta kayu untuk dijadikan tandu dan alat pertolongan lainnya.

Pelatihan ditutup pada hari trakhir tanggal 18 Januari 2019 oleh Komandan Indbatt Kolonel Jevan. B. dan dihadiri oleh perwakilan dari G5 sector east.

Beliau menyampaikan semoga semua ilmu yang didapat di dalam pelatihan tersebut bisa bermanfaat serta dapat membantu kelancaran tugas bukan hanya di daerah misi tapi dimanapun para peserta berada. Kegiatan ini untuk membekali para peserta pelatihan agar dapat mengurangi resiko terjadinya kefatalan keselamatan dan mengerti harus berbuat apa ketika rekan kita mengalami suatu kecelakaan di lapangan disampaikan beliau saat menutup pelatihan tersebut.    (sumber :  Satgas MPU TNI KONGA XXV-K/Lebanon)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kohanudnas Berita Utama Kliping Berita Balakpus Foto Berita Kotama Koopsau 3
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

First Aid And Trauma Casuality Care Training In Lebanon