Berita

Flight “Elang Khatulistiwa” Force Down Pesawat Asing

Dibaca: 7 Oleh 15 Feb 2013Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Salah satu rangkaian kegiatan dalam Operasi Tameng Petir dan Latihan Cakra yang dilaksanakan di Lanud Tarakan yakni pelaksanaan force Down oleh satu flight Hawk 109/209 terhadap pesawat asing yang melintas di wilayah udara NKR yang disimulasikan Pesawat Boeing 737 dari Skadron 5 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar. Jumat (15/02).

Dalam skenario Latihan ini, Radar 225 Mamburungan mendeteksi adanya pesawat asing “melintas” tanpa ijin masuk wilayah Indonesia, yang kemudian melaporkan kepada Komando atas, tidak berselang lama perintah untuk melakukan pengindetifikasian jenis pesawat dan tujuan memasuki wilayah Indonesia. Dengan sigap pilot pesawat tempur Hawk melaksanakan take off menuju sasaran.

Setelah melakukan komunikasi dengan crew pesawat asing agar segera keluar (pengusiran) meninggalkan wilayah indonesia, namun crew pesawat tanpa ijin ini tidak mengindahkan peringatan yang di berikan, dengan terpaksa pesawat asing di minta untuk mendarat di Pangkalan TNI AU Tarakan. Setelah mendarat pasukan yang telah bersiap di appron langsung melakukan pemeriksaan dan pengamanan terhadap crew untuk di interogasi.

Baca juga:  KOMPLEKS SKADRON HALIM PERDANAKUSUMA ADAKAN KARNAVAL 17-AN TAHUN 2007

“Latihan simulasi force down untuk menjaga kesiapan TNI AU khususnya Lanud Tarakan dalam menghadapi force down yang sesunggunhnya, pelaksanaan force down seperti ini tidak mustahil terjadi di Tarakan, semoga dengan latihan seperti dapat meminimalisir pelanggaran wilayah udara khususnya di daerah perbatasan” Ujar Komandan Lanud Tarakan Letkol Pnb Bambang juniar D.,S.Sos. di selah-selah latihan.

Selama kurang lebih seminggu langit kota Tarakan dihasii oleh pesawat Hawk 109/209 Skadron 1 Pontianak dalam rangka Operasi Tameng Petir dan Latihan Cakra. hadirnya pesawat-pesawat tempur TNI AI ini menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Kota Tarakan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel