Berita

Force Down Latihan Perkasa A Kosekhanudnas I di Lanud Halim

Dibaca: 18 Oleh 26 Jun 2015Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Kolonel Pnb Iman Handoyo, Kepala Dinas Operasi Lanud Halim Perdanakusuma beserta staf terkait, mengawasi langsung pelaksanaan latihan force down (pemaksaan mendarat) pesawat asing yang masuk wilayah hukum udara nasional, Kamis (25/6) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.   Latihan force down menggunakan pesawat Boeing 737-04 dari Skadron Udara 17 yang diibaratkan sebagai pesawat asing yang didaratkan di taxi way Lanud Halim Perdanakusuma untuk menjalani pemeriksaan dari TNI Angkatan Udara, karena melanggar wilayah hukum udara nasional. 

Rangkaian latihan force down antara lain setelah pesawat asing tertangkap radar Kohanudnas kemudian dua pesawat Sukhoi dari Skadron Udara 11 melaksanakan penyergapan dan pengawalan untuk kemudian didaratkan di wilayah Lanud Halim Perdanakusuma.   Sementara itu, di sekitar landasan telah bersiap beberapa kendaraan dari unsur-unsur Lanud Halim Perdanakusuma dan Paskhas beserta senjata apinya yang akan menggiring pesawat asing dengan dua awak tersebut, menuju area di depan Hanggar Skadron Udara 45. Selanjutnya kedua pilot asing digeledah prajurit Satpomau, lalu digiring menuju salah satu ruangan untuk menjalani proses interogasi.

Baca juga:  Ketua PIA AG Cab.2/D.II Resmikan Bina Keluarga Balita dan Mushola Ar Rahman KB/TK Angkasa Lanud Iswahjudi

Demikian kira-kira salah satu bagian dari Latihan Perkasa A Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I (Kosekhanudnas I) tahun 2015. Latihan dilaksanakan selama lima hari mulai 22 sampai 26 Juni 2015 bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan operasional unsur-unsur pertahanan udara (Hanud) TNI sesuai dengan tataran sistem pertahanan udara nasional, dan Kosekhanudnas I merupakan pelaksana di lapangan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel