Berita

FORUM KOMUNIKASI ATC MILITER SIPIL

Dibaca: 97 Oleh 21 Nov 2013Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Dinas Pengembangan Operasi Angkatan Udara (Disbangopsau) mengadakan kegiatan forum komunikasi dengan PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II dan Perum Penyeleggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (PPPNPI) tentang permasalahan lanud-lanud yang di operasikan untuk penerbangan sipil, di Disbangopsau, Rabu (20/11).

Kadisbangopsau Marsma TNI Eddy Poerwanto, S.Sos. MM., dalam sambutannya yang dibacakan Sesdisbangopsau Kolonel Pnb. Dr. D. Herly Dwiyanto, ST. MM, M.Si (Han) mengatakan, Disbangopsau sebagai badan pelaksana pusat TNI Angkatan Udara mempunyai tugas pembinaan terhadap prosedur penerbangan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengawas Lalu Lintas Udara (PLLU)/Air Trafic Control (ATC) yang profesional di bidangnya sesuai Undang Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

Dikatakan, beberapa Pangkalan TNI AU dioperasikan untuk penerbangan sipil dan sebaliknya, sehingga pada tahap implementasi manajemen lalu lintas udara terdapat permasalahan karena perbedaan visi dan misi, namun kondisi tersebut harus tetap mengutamakan keselamatan penerbangan.

TNI AU bekerjasama dan berkoordinasi dengan Dirjen Perhubungan Udara dan PPPNPI selaku operator bidang navigasi dan lalu lintas udara berusaha untuk mengakomodir, mengevaluasi dan mencari solusi terhadap permasalahan penerbangan militer dan sipil, agar operasi penerbangan dapat berjalan dengan aman dan lancar, jelasnya.

Baca juga:  Rumkit ATS Adakan Symposium Helicopter Avation Medicine Update, Towards Better Safety And Services

Direktur Safety dan Standard PPPNPI Wisnu Darjono mengatakan, PPPNPI melakukan kegiatan menyediakan jasa pengelolaan, penyediaan sarana dan prasarana pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia serta bertugas melaksanakan pelayanan lalulintas penerbangan, telekomunikasi penerbangan, informasi aeronautika, informasi meteorologi penerbangan, serta informasi pencarian dan pertolongan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel