Berita

Friendship Flight, Black Eagles Ajak The Jupiters Terbang Bareng

Dibaca: 5 Oleh 31 Mar 2017Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Performa tim aerobatik TNI AU Jupiter Arobatic Team (JAT) di ajang Langkawi International Maritime & Aerospace Exhibition (LIMA ’17) Malaysia makin mempesona. Kalau di hari-hari awal mereka sempat mencuri perhatian publik, maka menjelang akhir kegiatan, The Jupiter (sebutan lain untuk JAT) telah memikat perhatian tim aerobatik Republik Korea Black Eagles.

Ketertarikan Black Eagles ditunjukkan dengan “mengajak” JAT melakukan terbang bersama dalam sebuah formasi terbang flypass. Gayung pun bersambut, JAT menerima ajakan tersebut, dan terjadiah sebuah “adegan” terbang bareng antara JAT dengan Black Eagles. Enam pesawat KT-1 wong bee yang bermesin baling-baling (Propeler) berkolaborasi dengan delapan pesawat T-50 yang bermesin jet. Sebuah pemandangan di langit yang sangat cantik dan langka.

Kedua tim aeroatik ini mempertontonkan pertunjukan arobatik yang exotik, selama kurang lebih 15 menit dengan empat formasi. Formasi pertama enam pesawat JAT berada di depan dan formasi kedua giliran Black Eagles yang berada di depan, kedua formasi ini membentuk head arrow. Pengunjung LIMA ’17 pun dibuat terdecak kagum dengan aksi kedua tim aerobatik ini. Selanjutnya pada formasi ketiga dan keempat kedua tim aerobatik memisahkan diri dengan membuat manuver roll.

Baca juga:  KUKER DANKORPASKHAS DI YONKO 464 DAN DENMATRA 2 PASKHAS

Mission Commander JAT Marsekal Pertama (Marsma) TNI Ir, Novyan Samyoga menyatakan apreciate dengan frienship flight JAT dan Black Eagles. Menurutnya moment langka ini menambah pengalaman baru bagi kedua tm aerobatik. Meskipun kedua jenis pesawat yang digunakan memiliki perbedaan pada engine, namun dengan koordinasi dan perhitungan yang presisi semua dapat dilaksanakan dengan baik.

“Ini merupakan pengalaman bagus bagi kedua tim aerobatik, bagaimana masing-masing tim aerobatik dapat merasakan dan memanage skill dalam terbang formasi dengan menggunakan jenis pesawat yang berbeda” ucap Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel