Berita

GADIK WINGDIKUM LAKSANAKAN PELATIHAN SUPERVISI DAN KONSELING

Dibaca: 11 Oleh 22 Nov 2011Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Tim Psikologi Dinas Psikologi TNI Angkatan Udara mengadakan pelatihan Supervisi dan Konseling bagi para instruktur atau tenaga pendidik (Gadik) Wing Pendidikan Umum dan Skadik jajaran, Selasa (22/11). Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, bertempat di Dinas Psikologi TNI Angkatan Udara Halim, Jakarta di pimpin oleh Letkol Kes V. Agus Sriyanto dan para instruktur lainnya. Pelatihan Psikologi ini diikuti oleh tiga puluh Perwira Instruktur Wing Pendidikan Umum dan jajaran.

Menurut Mayor Kes Sutarna. B.A., P.Si selaku instruktur pelatihan supervise dan consoling mengatakan, Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para instruktur dimasa yang akan datang, jangan hanya bertindak sebagai guru atau pengajar akan tetapi harus mampu betindak sebagai supervisor yang mampu melaksanakan supervisi terhadap para siswa di lingkungan Wingdikum dan jajaran.

Oleh karena itu lanjut Mayor Kes Sutarna dengan adanya latihan ini para instruktur atau pengasuh diharapkan bisa bertindak sebagai konsoler atau pengasuh untuk memberikan konsultasi terhadap siswa yang mengalami permasalah baik secara formal tentang pendidikan maupun masalah pribadi. Namun apabila permasalahan yang dihadapi siswa itu berat bisa dikonsultasikan ke ahlinya dalam hal ini Dinas Psikologi Angkatan Udara (Dispsiau).

Baca juga:  Kolonel Pnb Nanang Santoso Melaksanakan Entry Briefing Kepada Anggota Kosek Hanudnas IV

Adapun materi yang diberikan meliputi materi kegiatan pengenalan dan pembukaan diri atau self disclosure yang bertujuan agar instruktur dapat mengenali dirinya dan membuka diri terhadap orang lain serta materi supervisi dan teknik konseling, materi ini diberikan oleh PNS Gol III Riana Chaerawati S.Psi. Materi Psikologi kepribadian dan motivasi yaitu dorongan yang menggerakan perilaku seseorang yang mengarah kepada pencapaian tujuan, materi ini diberikan oleh Kapten Kes Murti Prasongko. S.Psi. Juga materi prites dan posttest yang dipandu oleh PNS Gol III Dsri Elina. S.Psi.

Sementara menurut Kasubsipsi Dispers Wingdikum, Lettu Kes Yovieta S., S.Psi kegiatan pelatihan supervisi dan konseling ini sangat bermanfaat bagi para instruktur dan tenaga pendidik Mawingdikum dan Skadik jajaran sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang pengajaran.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel