Berita

Game Psikologi Mampu Memacu SemangatT Kerja

Dibaca: 23 Oleh 12 Jul 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Game psikologi yang diberikan tim psikologi lapangan Koopsau I terdiri atas sama kata dan gerakan, meniru bentuk, the opposite dan ular tangga mampu memacu semangat kerja personel dan ibu-ibu PIA AG Cabang 20 D.I Lanud Sultan Iskandar Muda. Rabu (12/7)

Menurut Pabanda Psikolodi Spers Koopsau I Mayor Kes F. Putri Farah selaku fasilitator menyampaikan kegiatan ini sebagai bentuk pembinaan mental Prajurit dan PNS di jajaran Koopsau I dalam rangka membentuk, memelihara, meningkatkan dan memantapkan kondisi jiwa personel agar mampu melaksanakan tugas sesuai yang diharapkan pimpinan.

Salah satu kegiatan, katanya, berupa psikologi lapangan dengan harapan personel mendapatkan pencerahan, motivasi keterampilan, peningkatan disiplin, komunikasi, koordinasi, kerja sama, kepekaan sosial guna mendukung pelaksanaan tugas di Lanud Sultan Iskandar Muda. Secara garis besar, menurutnya, secara teori memungkinkan personel tidak mengerti maksud dan tujuan dari kegiatan ini, sehingga perlu praktek untuk merangsang kesadaran individu dalam memahami prinsip perilaku efektif sebagai anggota dalam kelompok yang terorganisir. “Untuk itu, kami siapkan empat game ini sebagai aplikasi dari penjabaran diatas,” ujarnya sambil tesenyum.

Baca juga:  Latihan Simulasi Penanganan Lasa Unschedule Dikosekhanudnas III

Membuat lingkaran besar menjadi awal dimulainya kegiatan ini di GOR Praka Sutrisno Lanud Sultan Iskandar Muda dan mengajak personel mengikuti instruksi menyamakan kata dan gerakan, seperti kata “konnichiwa” dibalas gerakan membungkuk, kata “hallo hello” dibalas gerakan melambaikan tangan dan kata “apa kabar” dibalas dengan saling bersalaman. Ini merupakan games pertama. Kemudian games kedua berupa meniru bentuk, fasilitator menyampaikan sebuah narasi yang didalamnya terdapat kata kunci yaitu kelinci, pohon, rumah dan roboh dimana setiap terucap kata kunci tersebut mengharuskan personel membuat sebuah formasi bentuk.

Dilanjutkan game ketiga yaitu the opposite dimana seluruh personel dibagi menjadi tiga kelompok, membuat barisan dan memengang pundak rekan yang ada didepannya, kemudian fasilitator menyebutkan depan, belakang, kanan dan kiri yang harus diikuti personel dengan bergerak sesuai lawan katanya. “Ayo bapak ibu, harus konsentrasi. Ini games sederhana loh,” kata fasilitator disela-sela personel yang tertawa karena salah melangkah. Terakhir berupa game ular tangga, dimata tiap kelompok memilih salah satu rekannya sebagai leader dan lainnya ditutup matanya kemudian berbaris membentuk seperti ular. “Tugas leader adalah mengarahkan barisan ini melewati atau menginjak setiap bendera yang disiapkan dan harus diambil leader bukan anggotanya,” ujar Mayor Kes F. Putri Farah sekaligus menekankan tidak boleh bersuara saat mengarahkan.

Baca juga:  Kohanudnas Gelar Rapat Staf Akhir Tahun 2014

Setelah game berakhir, Pabanda Psikolodi Spers Koopsau I Mayor Kes F. Putri Farah beserta Pelda Ari Prasetyo dan PNS III/d M. Ibnu Rohmad menjelaskan bahwa tujuan game ini untuk meningkatkan konsentrasi selama menjalankan tugas, bagaimana berkoordinasi yang baik dengan atasan dan anggota, apa yang diperintahkan atau diinstruksikan harus sesuai dengan kemampuan seseorang. Dalam game ular tangga, katanya, menjadi leader itu tidak mudah karena harus melihat situasi kondisi lingkungan sekitar dan anggota. “Sedangkan anggota, harus loyal dan berian dedikasi yang tinggi kepada seorang leader karena tentunya untuk kelancaran tugas kedepan,” katanya. Sebelum mengakhiri kegiatan, Mayor Kes F. Putri Farah mengingatkan kepada personel Lanud Sultan Iskandar Muda untuk membiasakan hal-hal positif dalam kehidupan sehari-hari agar menunjang pelaksanaan tugas di kedinasan.

 

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel