Berita

Gelar Latihan Kesiapsiagaan Koopsau I Tahun 2016

Dibaca: 7 Oleh 13 Jul 2016Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Koopsau I menggelar Latihan Kesiapsiagaan tahun 2016 bertempat di ruang Suryadarma Makoopsau I, Selasa (12/7). Acara pembukaan Latihan Kesiapsiagaan Koopsau I ini dihadiri oleh Komandan Kodiklat TNI Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim, Pangkoopsau I Marsda TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M, Para pejabat Kodiklat TNI serta seluruh staf pelaku dari Koopsau I.

Dalam Latihan ini Kodiklat TNI bertindak sebagai penyelenggara latihan sedangkan untuk pelaku dari Koopsau I dan untuk tema Latihan Kesiapsiagaan Koopsau I,“ Koopsau I melaksanakan operasi dukungan udara pada operasi kemanusian di wilayah Sumatera Barat guna penanggulangan bencana alam gempa dan tsunami dalam rangka OMSP”.

Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa latihan kesiapsiagaan Koopsau I tahun 2016 yang direncanakan akan berlangsung tanggal 12 s.d 16 juli 2016 dan manuver lapangannya dilaksanakan di Padang.

“Latihan kesiapsiagaan Koopsau I ini sangatlah penting dalam rangka menguji rencana operasi (RO) yang telah dibuat dan terlampir dalam rencana tindakan kontinjensi Kotamaops TNI, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana rencana operasi yang telah dituangkan dalam rentinkon tersebut dapat dilaksanakan”, untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya tidaklah mudah, namun memerlukan pemikiran dan analisa yang tajam untuk menyusun suatu rencana tindakan untuk menghadapi kontinjensi dalam bentuk rencana strategis yang diperkirakan akan terjadi pada kurun waktu satu tahun mendatang”, pungkas Pangkoopsau I.

Baca juga:  Tim Kodiklatau Laksanakan Evaluasi Ponendik di Wingdiktek

Lebih lanjut Panglima menjelaskan untuk pemilihan tema sangat tepat karena dilihat dari fenomena alam dan letak Indonesia secara geografis yang berada diantara lempeng Asia-Australia, lempeng Euresia dan lempeng Pasifik, masih memiliki potensi besar terhadap timbulnya bencana alam, yang tidak pernah kita ketahui kapan datangnya. Hal tersebut merupakan faktor pemicu ketidakstabilan keamanan di negara kita.oleh karena itu diperlukan penanganan maupun pendekatan yang lebih komprehensif dan integratif. Bahkan isu-isu tersebut sering dijadikan sebagai salah satu alat untuk membangun hubungan dan kerjasama antar negara, baik bilateral maupun multilateral.

 

Sementara ini Komandan Kodiklat TNI Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim mengatakan bahwa latihan ini merupakan program latihan TNI yang nantinya bermuara pada latihan puncak gabungan TNI, dan pada kali ini dilaksanakan latihan untuk menguji rencana operasi yang tertuang dalam Rentinkon Kotama Ops TNI tahun 2016.

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel