Berita

Gempa dan Tsunami di Pangandaran, Jawa Barat

Dibaca: 59 Oleh 23 Mei 2010Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Pemotretan Gempa dan Tsunami di Pangandaran, Jawa Barat

Dispenau,

Dua belas jam setelah terjadinya gempa yang diikuti Tsunami di kawasan wisata Pangandaran (Jawa Barat) dan sekitar hingga daerah Kebumen (Jawa Tengah) TNI Angkatan Udara melaksanakan pemotretan udara untuk mendeteksi secara dini akibat dari peristiwa Tsunami yang terjadi pada hari Senin petang pukul 15.17 yang mencapai 6,8 skala richter.

Selasa dini hari pukul 04.30 wib Panglima Komando Operasi TNI AU I (Pangkoopsau I) Marsekal Muda TNI Gandjar Wiranegara memerintahkan Skadron Udara 2 untuk memberangkatkan pesawat Fokker F-27 dengan membawa personel Dinas Survey dan Pemotretan Udara TNI AU (Dissurpotrudau) melakukan pemotretan udara diatas Pangandaran dan sekitarnya.

Dengan peristiwa itu TNI Angkatan Udara langsung menyiagaan beberapa pesawat untuk penanggulangan bencana dengan posko di Lanud Wiryadinata, Tasikmalaya, (Jawa Barat) dan Lanud Wirasaba, Purbalingga (Jawa Tengah). Adapun pesawat yang disiagakan meliputi Helikopter Twinpack ST-58, Puma SA-330, Super Puma SA-332, Cassa C-212, dan Fokker F-27

Pemotretan yang berlangsung 2 jam itu, diikuti pula oleh 20 wartawan dari beberapa media cetak maupun elektronik Nasional, di Jakarta. Pengamatan dan pengambilan gambar terhadap lokasi bencana diambil dari ketinggian 1.000-2.000 feet sedangkang untuk pengambilan gambar untuk konsumsi media dilaksanakan pada ketinggian dibawah 1.000 feet.

Baca juga:  Doa Bersama Tokoh Lintas Agama, Sukseskan Pilkada Kalbar

Penerbangan tersebut dibawah Mission Commander Mayor Penerbang Bambang Gunarto, dengan Pilot Mayor Pnb Donal.
Selain pemotretan udara TNI AU juga sudah mengerahkan personel lain baik medis, paramedis, dan Paskhas. Lebih lanjut Pangkoopsau I mengatakan, bahwa segala sesuatunya telah disiagakan untuk operasionalnya tinggal menunggu perintah dari Panglima TNI.

Gempa dan Tsunami di Pangandaran, Jawa Barat

Gempa dan Tsunami di Pangandaran, Jawa Barat

Gempa dan Tsunami di Pangandaran, Jawa Barat

Gempa dan Tsunami di Pangandaran, Jawa Barat

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel