BeritaBerita Kotama

Gempita Semangat Penyambutan Api Obor Asian Games 2018 di Lanud Adisutjipto

Dibaca: 42 Oleh 17 Jul 2018Tidak ada komentar
Gempita Semangat Penyambutan Api Obor Asian Games 2018 di Lanud Adisutjipto
#TNIAU 

TNI AU. Usai diterima di Base Ops Lanud Adisutjipto oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, M.M.   Api obor  Asian Games 2018 diarak menuju Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala menempuh jarak sejauh kurang lebih 1,7 km, Selasa (17/7).  Api obor Asian Games diterima langsung oleh Kadispenau Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga untuk selanjutnya akan disemayamkan selama semalam.  Pada saat bersamaan juga dinyalakan api dari Tinder Box ke Mini Couldron oleh Gubernur DIY dan Kadispenau di depan Museum Dirgantara Mandala. Hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat Mabesau, para Pejabat Forkopimda DIY, Danlanud Adisutjipto, Sekjen dan Ketua Inasgoc.

Api Abadi yang didatangkan langsung dari India tersebut diambil Tim khusus yang salah satunya mantan Atlet Bulu Tangkis Susi Susanti selaku Torch Relay Ambassador. Obor Asian Games ini  akan diinapkan di Yogyakarta selama tiga hari dan pada malam yang pertama akan bersemayam di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala.

Baca juga:  Pemanfaatan Internet, Militer Indonesia dan Australia Berpeluang Jajagi Kolaborasi

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, M,M dalam konferensi persnya yang didampingi oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Ketua panitia Asean Games 2018 Bapak Erick Thohir serta Susi Susanti menyampaikan, Suatu kebangganan tersendiri TNI AU dapat ikut terlibat secara langsung dan menfasilitasi Event Dunia Asean Games 2018 ini.  Segenap anggota TNI AU siap mensukseskan dan mengamankan penyelenggaraan Event ini, tegas Kasau.

Pengambilan Api dari India yang melibatkan TNI AU dan dikawal dengan 5 pesawat T-50 i Golden Eagle dari Skadron Udara Lanud Iswahyudi Madiun. Hal ini merupakan simbul bahwa TNI AU siap mengawal, mensukseskan dan mengamankan Event Asean Games 2018.

Setelah disemayamkan di museum obor api Asian Games akan dibawa ke Prambanan, api tetapi terlebih dahulu mampir ke candi Boko. Kemudian, pada tanggal 18 Juli akan dilakukan pengambilan api abadi dari Mrapen, Purwodadi, Jawa Tengah yang akan dibawa ke Prambanan melalui Semarang.

 Kemudian Api akan bertemu di Prambanan pada malam harinya (tanggal 18 Juli) yang akan disatukan dengan api dari India oleh Wapres RI Bapak Jussuf Kalla di Candi Prambanan.  Setelah disatukan, api akan diinapkan di pagelaran Kraton Yogyakarta.

Baca juga:  Dharma Pertiwi Gelar Rapid Test Gratis Untuk Warga Kel. Susukan Ciracas

Kemudian pagi harinya, tanggal 19 Juli api yang sudah disatukan itu akan dikirab keliling Yogyakarta. Selanjutkan Obor Api Asian Games akan dibawa secara estafet ke beberapa kota di wilayah Indonesia sejauh 18.000 km, untuk meningkatkan semangat agar penyelenggaraan Asian Games 2018 berlangsung dengan sukses baik pelaksanaan maupun prestasi.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel