Pustaka

Giat Atase Udara RI Thailand

Dibaca: 35 Oleh 04 Mar 2012Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Giat Atase Udara RI Thailand

Giat Atase Udara RI Thailand

Giat Atase Udara RI Thailand

Giat Atase Udara RI Thailand

Giat Atase Udara RI Thailand

Giat Atase Udara RI Thailand

Giat Atase Udara RI Thailand

Giat Atase Udara RI Thailand

1. Penganugerahan Bintang Jasa Kehormatan Swa Bhuwana Paksa Utama dari Panglima TNI Laksamana TNI Agus S. kepada CinC RTAF ACM Itthaporn Subhawong,atas jasa jasa nya sebagai pemimpin tertinggi RTAF untuk menambah dan mempererat serta meningkatkan hubungan baik bilateral dan kerjasama militer antara kedua Angkatan Udara RTAF dan TNI AU. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dan peningkatan kegiatan yang disepakati antara TNI AU- RTAF adalah ;

a. Latma Elang Thainesia, yang telah dilaksanakan sejak tahun 1981. Tahun 2011 merupakan peringatan ke 30 tahun, latma ini dilaksanakan pada bulan Juli di Udorn Thani Thailand

b. Seskoau RTAF, mulai TA 2010 setiap tahun RTAF menerima 1 Perwira (Mayor) TNI AU

c. Air War College RTAF,mulai TA 2012 setiap tahun RTAF menerima 1 Perwira (Kolonel) TNIAU

d. Pertukaran Kunjungan Perwira Tinggi (CinC RTAF dan Kas TNIAU)

e. Pertukaran Kunjungan Perwira Junior TNIAU-RTAF (15 Perwira), mulai TA 2012 ditambah pertukaran Taruna Udara 5 Taruna dan 2 Perwira Pendamping.

f. Bilateral Golf Games TNIAU-RTAF (mulai 2010).

g. Air Force Joint Working Group TNI AU-RTAF

h. Air Force Intelegence Exchange (mulai 2011)

 

2.3 gambar kedua kegiatan Exchange Visit Junior Officer tgl 7-14 Maret 2011. Dipimpin oleh Kol Pnb Tyas Nurhadi, kegiatan ini sudah dilaksanakan belasan tahun antara TNI AU-RTAF, sebagai implementasi dari hubungan bilateral dan kerjasama militer yang sangat baik dan kuat oleh kedua angkatan. Dalam kesempatan Courtesy Call, Kol Pnb TYas di terima dengan sambutan yang hangat oleh Chief of Staff RTAF ACM Prajin Juntong, dimana dalam pembicaraan dibahas tentang isu kerjasama bilateral dan militer yang ada antara kedua angkatan udara dan peningkatannya pada masa mendatang bidang latihan, operasi, pendidikan, pertukaran perwira maupun teknik pesawat terbang. TNI AU dan RTAF memang mempunyai hubungan sangat khusus yang tidak dimiliki oleh negara lain. Thailand memandang dan berpendapat bahwa suatu saat Indonesia menjadi negara besar di kawasan yang akan memimpin stabilitas keamanan kawasan dalam perdamaian dunia maupun ekonomi dunia. RTAF juga menerima dan membuka diri kepada TNI AU untuk mengirimkan perwira maupun pesawatnya di Thailand Aviation Industry yang sebagian besar ahlinya adalah personil RTAF, selain itu seluruh pesawat RTAF pemeliharaan teknis dilaksanakan di Thailand Aviation Industry.

3. 2 gambar terakhir adalah kegiatan Airforce Joint Working Group 26-30 Desember 2010.

Marupakan kegiatan pertemuan AF JWG kedua di Jakarta, yang pernah dilaksanakan pertama kali di Chiang Mai Thailand tahun 2009.

Pada pertemuan ini dibahas kegiatan yang sudah ada dan merencanakan kegiatan yang akan datang tahun berikutnya sekaligus menambah kegiatan lain yang bisa dilakukan dalam rangka meningkatkan hubungan baik bilateral dan militer kedua angkatan udara.

Kol Pnb A.Joko Takarianto
Atase Udara RI Thailand

 Giat Atase Udara RI Thailand

Giat Atase Udara RI Thailand

Giat Atase Udara RI Thailand

Kegiatan Elang Thainesia dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2011 sampai dengan 3 Maret 2011 di Udorn Thani Thailand.

Perwakilan TNI AU dipimpin oleh Kol Pnb Emir Panji Dermawan sebagai Head of Planner Excercise, sedangkan pihak RTAF dipimpin oleh Group Captain Thawonmat sebagai Excercise Director

Dalam pelaksanaan rapat permulaan ini masing-masing pihak sangat akomodatif terhadap setiap masalah yang terjadi, sehingga dapat diselesaikan dengan baik dan tersusun dalam sebuah minutes yang telah ditanda tangani oleh kedua pimpinan delegasi baik TNIAU maupun RTAF.

Kegiatan Elang Thainesia telah dilaksanakan puluhan tahun dengan tujuan selain meningkatkan profesionalisme penerbang kedua Angkatan Udara, yang lebih penting adalah peningkatan kerjasama militer dan meningkatkan persahabatan serta membangun rasa saling percaya untuk meningkatkan keamanan di kawasan kedua negara. Elang Thainesia tahun ini merupakan yang ke XV dilaksanakan di Udorn Thani Thailand tanggal 3-14 Juli 2011. Yang akan diikuti oleh pesawat Hawk 100/200 Skadron Udara 12 Pekanbaru sedangkan dari pihak RTAF menggunakan Alphajet dari Skadron 231 Wing 23 Udorn Thani. Rapat finalisasi Elang Thainesia dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 1-5 Mei 2011.

Kol Pnb A.Joko Takarianto
Atase Udara RI
Bangkok Thailand

Baca juga:  MENYIMAK SEPULUH TAHUN PERJALANAN REFORMASI TNI

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel