Berita

Gladi HUT TNI Ke 69 Tahun 2014 di Wilayah Kalimantan Selatan

Dibaca: 9 Oleh 07 Okt 2014Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Panasnya terik matahari yang membakar aspal Lapangan dr. Murdjani Kota Banjarbaru tak menyurutkan semangat ribuan personel TNI asal tiga matra, baik darat, laut dan udara yang diikuti oleh pasukan dari Polri dan PNS TNI, FKPPI, PPM, Menwa, Pramuka, dan gabungan pelajar Banjarbaru yang melaksanakan gladi untuk memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke 69 tahun 2014 yang akan diperingati pada tanggal 7 Oktober 2014, Senin (6/10). Sejak pukul 05.30 WITA, pasukan gabungan tersebut sudah mulai berdatangan dan berkumpul di lapangan dr. Murdjani dan segera dimulai dengan apel pasukan untuk melaksanakan koordinasi serta pemberian beberapa instruksi oleh para pimpinan gladi.

Peringatan HUT TNI ke 69 ini sebenarnya jatuh pada tanggal 5 Oktober 2014 namun karena tanggal 5 Oktober 2014 tersebut bersamaan dengan hari besar agama Islam yaitu Hari Raya Idul Adha 1435 H/2014 M, maka peringatan HUT TNI tahun 2014 ini dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2014. Hal ini TNI sebagai penegak kedaulatan negara mementingkan dan mengutamakan agama baru melaksanakan kepentingan peringatan HUT TNI.

Baca juga:  PERINGATAN TAHUN BARU HIJRIYAH 1435 H/2013 M DI LANUD SURABAYA

Pada gladi upacara tersebut telah diperagakan urut-urutan seluruh rangkaian kegiatan upacara peringatan HUT TNI ke 69 kali ini. Diantaranya adalah parade dan defile dari pasukan upacara dan peragaan demo beladiri Yongmoodo dan Karate dari Batalyon Infanteri 621/MTG. Di perayaan Puncak HUT TNI ke 69 di Wilayah Prov Kalsel ini, rencananya upacara akan dipimpin langsung oleh Kabinda Kalsel, Brigjen TNI Okta Hendari. Pada peringatan HUT TNI ke 69 Tahun 2014 kali ini mengusung tema “Patriot Sejati, Profesional Dan Dicintai Rakyat”. Sesuai tema tersebut, TNI ingin menunjukkan bahwa TNI masih berada pada hakekat dirinya sebagai prajurit pejuang dan pejuang prajurit yang “Cinta Negara, Cinta Bangsa, Cinta Rakyat dan Cinta Kehidupan”, yang makna kepatriotannya ditujukan untuk mengawal demokrasi dan menjaga kedaulatan serta keutuhan NKRI secara profesional, menuju Indonesia yang aman dan sejahtera. Adapun profesionalisme TNI itu sendiri merupakan salah satu substansi visi TNI dalam pembangunan dan pengembangan kapasitas TNI sebagaimana yang diamanatkan undang-undang dalam rangka menjamin keberlangsungan pelaksanaan pembangunan Nasional.

Baca juga:  Pembukaan Susjurlata Pas Angkatan Ke-45 Skadik 2014 Lanud Sulaiman

Penegasan TNI sebagai patriot sejati dan pembangunan serta pengembangan profesionalisme TNI, merupakan realisasi renstra 2010-2014 yang akan ditampilkan pada HUT TNI ke 69 Tahun 2014 yang dipusatkan di Markas Komando Armada RI Kawasan Timur Dermaga Ujung Surabaya, dengan harapan dapat menjadi kebanggaan dan membangkitkan kecintaan rakyat kepada TNI serta memberikan kepercayaan atas kekuatan sendiri bangsa Indonesia dalam melanjutkan pembangunan nasional.

Gladi upacara ini diikuti oleh 4 Batalyon pasukan dari TNI dan Polri dan kelompok gabungan Perwira Menengah dan Perwira Pertama (AD,AL,AU), yang pada puncak peringatannya nanti akan dihadiri oleh para tamu dan undangan dari para veteran/purnawirawan TNI, pejabat FKPD tingkat 1 dan 2, pejabat TNI/Polri dan pemerintah sipil maupun swasta Provinsi Kalimantan Selatan dan para tamu undangan lainnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel