Berita

‘Gowes’ bersama Gubernur AAU

By 01 Apr 2019 No Comments
IMG_6010
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU.  Disela kesibukan rutinitas kedinasan yang sangat padat, Gubernur AAU Marsda TNI Tatang Harlyansyah,S.E.,M.M. dengan penuh semangat menggayuh sepeda bersama  tim ‘gowes’ AAU. Sepeda santai kali ini menempuh jarah 14 Kilometer start dari Ksatrian AAU dengan mengambil rute Jalan Solo hingga finish kembali ke Ksatrian AAU, Jumat (29/3). Sebelum berangkat bersepeda, tim gowes seusai melaksanakan apel pagi berkumpul di arcon untuk melaksanakan pemanasan agar otot-otot menjadi lentur sehingga mencegah kram.

Sepeda santai ‘gowes’ di AAU dilaksanakan pada jam-jam olahraga yaitu pada hari selasa atau hari jumat dengan rute yang berbeda-beda. Untuk rute kali ini start dari Ksatrian AAU melalui dari Pos Bromo II AAU – Pos Bromo 1 – Jalan Raya Solo – belok kiri menuju candi Sambisari – ke arah kanan , ke jalan raya LPMP – Jalan Tirtomartani – melalui jalan Kalimati menuju Candi Kedulan- jalan Cangkringan- melalui jalan Abiyoso Japlaksari ke arah Purwomartani melalui Candi Sambisari –jalan raya Solo kembali ke Ksatrian Akademi Angkatan Udara.

Sebelum kembali ke AAU, Tim Gowes beristirahat melepas lelah sejenak di Candi Sambisari sambil menikmati panorama keindahan peninggalan masa lalu yang tak ternilai harganya. Sekilas mengenang Candi Sambisari bahwa Candi ini merupakan candi Hindu beraliran Syiwa, di bangun pada awal abad ke-9 oleh Rakai Garung , seorang Raja Mataram Hindu dari Wangsa Syailendra. Keberadaan candi ini di ketemukan setelah seorang petani mencangkul sawahnya tanpa sengaja cangkulnya menghantam benda keras yang setelah di gali dan di amati ternyata sebuah batu berhiaskan pahatan. Setelah di lakukan pengamatan oleh badan Archeologi kemudian di lakukan penggalian dan ternyata sebuah bangunan candi yang karena timbunan material dari Gunung Merapi ratusan tahun yang lalu.

Bersepeda merupakan salah satu bentuk olah raga yang paling efektif dan murah untuk mencapai kesehatan, dan dengan bersepeda dapat mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, serta diabetes, untuk itulah kenapa bersepeda merupakan salah satu sarana untuk hidup sehat. Manfaat lain dari bersepeda juga dapat membakar kalori, membentuk otot, mendorong energi, bagus untuk persendian, dan bersepeda juga dapat memperpanjang umur karena dapat menciptakan kesenangan dan kegembiraan.

Selain itu, kegiatan gowes juga merupakan salah satu bentuk refreshing agar tetap solid dan semangat dalam menghadapi tugas-tugas kedepan serta untuk menjalin keakraban dan kekompakan personel Akademi Angkatan Udara. Kegiatan gowes pagi ini diakhiri dengan penanaman beberapa pohon perindang di Ksatrian AAU oleh Gubernur AAU Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M.

Leave a Reply