Berita

GROB G-120 TP-A GANTIKAN AS-202 BRAVO DAN T-34 CHARLY

Dibaca: 23 Oleh 21 Sep 2013Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Sebanyak 18 unit pesawat latih Grob G-120 TP-A buatan pabrik Grob Aircraft di Tussenhausen Mattsies Federasi Jerman akan memperkuat TNI AU menggantikan pesawat latih AS-202 Bravo dan T-34 Charly yang telah lebih dari 30 tahun mengabdi dalam mencetak pilot-pilot handal TNI Angkatan Udara.

Ke-18 pesawat Grob G-120 TP-A tersebut akan ditempatkan di Skadron Pendidikan (Skadik) 101 Wingdikterbang Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta yang akan berdampingan dengan Skadik 102 dengan Pesawat KT-1B Wong Bee.

Empat dari 18 pesawat Gorb G120 TP-A diserahkan dari pemerintah Jerman kepada Kemhan, kemudian dari Kemhan diserahkan kepada TNI AU yang disaksikan Menhan RI. Purnomo Yusgiantoro, Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, Kasum TNI Marsdya Boy Sahril Qamar dan Komisi I DPR RI Marsdya (Purn) Basri Sidehabi, di Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta. Jum’at (20/9).

Menurut Menhan, pengadaan pesawat ini merupakan bagian dari program pembangunan kekuatan TNI yang dirancang dalam waktu 15 tahun, renstra I tahun 2010-2014 telah dilalui. Diakhir kabinet akan kita saksikan penambahan kekuatan TNI Angkatan Udara yang cukup signifikan, dan diharapkan pada akhir rensta III rencana pembangunan kekuatan TNI tahun 2024 kita bisa menjadi “the first class air force”, ujarnya.

Baca juga:  Jati Diri TNI Serta PNS TNI Harus Berpegang Teguh Dengan Jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib Tni Dan Panca Prasetya Korpri

Dikatakan, penempatan pesawat Grob G-120 TP-A di Skadik 101 Lanud Adi Sutjipto didasarkan kepada taktis dan strategis yang cukup mendalam untuk dapat melindungi wilayah kedaulatan NKRI, serta melaksanakan tugas-tugas operasi pertahanan udara nasional serta penegakan hukum di wilayah NKRI.

Dengan harapan keberadaan pasawat latih ini dapat menjadi kebanggaan masyarakat Yogyakarta, khususnya bangsa Indonesia, terutama TNI Angkatan Udara yang akan mengemban tugas mulia dalam melindungi dan mengamankan kedaulatan udara NKRI. “Dengan hadirnya pesawat latih ini agar dapat dioperasikan dengan baik dan optimal untuk mencetak penerbang-penerbang handal TNI Angkatan Udara”, harap Memhan.

TNI Angkatan Udara selain kedatangan alutsista pesawat Grob G-120 TP-A, juga akan meresmikan delevery 6 pesawat Sukhoi SU-27/30 untuk melengkapai satu skadron, selain itu CN-295 yang rencananya 9 pesawat menjadi satu skadron 16 pesawat, satu skadron pesawat tempur ringan T-50 dua pesawat sudah sampai di Madiun, satu skadron helikopter jenis EC-725 Cougar, dan C-130 Hercules sebanyak 9 pesawat.

Menurut Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, selain pesawat tersebut TNI Angkatan Udara juga akan di perkuat dengan penambahan Satuan Radar, hingga sampai akhir renstra III sasaranya menjadi 32 Satrad dapat terpenuhi, selain itu juga pengadaan peluru kendali (Rudal) baik jarak pendek maupun jarak sedang dalam proses pengadaan, jelasnya.

Baca juga:  Personel AAU Ikuti Pengajian Rutin Aparat DIY

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel