Berita

Gubernur AAU Buka Pelatihan Karakter Building Bagi Capaja

Dibaca: 7 Oleh 08 Jul 2015Tidak ada komentar
Gubernur AAU Buka Pelatihan Karakter Building Bagi Capaja
#TNIAU 

Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU), Marsda TNI Abdul Muis membuka secara resmi pelatihan Karakter Buildingatau pembangunan karakter yang diikuti oleh 88 orang Calon Perwira Remaja (Capaja) AAU yang bertempat di VIP Room Mako AAU, Senin (6/7).

Pelaksanaan pelatihan Karakter Building ini bertujuan untuk membekali seluruh Capaja AAU tentang bidang-bidang ilmu yang terkait dengan pembetukan karakter sebelum mereka memasuki masa dinas sebagai perwira TNI Angkatan Udara.

Dalam sambutannya Gubernur AAU menyampaikan bahwa pengertian karakter bukan hanya yang berkaitan dengan sifat, watak, akhlak maupun tabiat, namun karakter memiliki nilai-nilai yang bisa dikaji lebih dalam lagi. Hal tersebut disampaikan gubernur mengingat karakter memiliki hubungan yang erat dengan lingkungannya.

Disampaikan bahwa, karakter seorang manusia sangat terkait dengan jati diri dan perilaku dari manusia itu sendiri. Setiap manusiapada hakekatnya telah memiliki sifat-sifat dasar yang diberikan oleh tuhan. Sifat-sifat dasar yang merupakansejumlah potensi dalam dirinya tersebut dapat dipancarkan dan ditumbuhkembangkan sehingga menghasilkan nilai-nilai yang begitu tinggi. Proses menumbuhkembangkan potensi tersebut merupakan wujud dari pembangunan karakter. Dari karakter tersebutlah yang melandasi sikap dan perilaku seperti, budi pekerti, akhlak, maupun penampilan moral yang memiliki daya juang untuk mencapai suatu tujuan yang mulia.

Baca juga:  Kasau: Prajurit TNI AU Masa Kini Harus Mampu Berjuang Dan Mengabdi

Pada kesempatan tersebut Gubernur AAU menekankan akan pentingnya nilai-nilai seperti loyalitas, integritas,komitmen, empati, pengorbanan, serta kasih sayang. Termasuk usaha keras, inisiatif, keuletan dan disiplin sebagai bagian dari kapasitas untuk berkarya dan menjadi kompeten dalam kehidupan.

Kepada seluruh peserta pelatihan, Gubernur AAU berharap agar mengikuti seluruh materi pelatihan ini dengan sebaik-baiknya.

Pelatihan Karakter Building yang akan berlangsung selama satu minggu ini akan diisi dengan sejumlah materi yang akan disampaikan oleh beberapa orang narasumber, baik narasumber dari TNI AU maupun narasumber lainnya. Adapun materi-materi yang akan diterima oleh Capaja AAU selama mengikuti pelatihan ini antara lain adalah, Aplikasi Kepemimpinan Lapangan yang akan disampaikan oleh Gubernur AAU, Narkoba dan Permasalahannya oleh tim BNNP, Wawasan Kebangsaan oleh Letkol Sus Drs. Holimin, M.Si, Moral dan Karakter

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel