Berita

Gubernur AAU Lantik Pejabat Wingkorps Taruna

Oleh 16 Mei 2019 No Comments
Aau 0052 1
#TNIAU 

TNI AU.  Berlangsung di Lapangan Dirgantara AAU, Rabu (15/5) Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. mengukuhkan Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar) Juanda Siregar sebagai Komandan Wingkorps Taruna yang baru menggantikan Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar) Ardyanta Dwi Syahputra.

Selain pengukuhan Danwingkorps Taruna, juga dilaksanakan serah terima Jabatan Ketua Lembaga Musyawarah Taruna (Kalemustar) dari Sermatutar Irfan Joko Prasetyo kepada Sermadatar Yustikasari Diana Putri, serta Komandan Drum Band / Penata Rama Drum Band ”Gita Dirgantara” dari Sermatutar Chrisna Nugraha Utama kepada Sermadatar Naufal Rezky Ajisaputra.

Para pejabat Wingkorps Taruna yang baru ini merupakan Taruna AAU masukan (Werving) 2016 menggantikan pejabat lama Taruna Werving 2015 yang sebentar lagi akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Presiden RI bersama sama dengan Taruna TNI Akademi yang lain di Istana Negara Jakarta, bulan Juli mendatang.

Selain mengucapkan selamat atas dilantiknya para pejabat Taruna yang baru, Gubernur juga berharap agar para pengurus Wingkorpstar yang baru dapat memberikan pengabdiannya yang terbaik untuk Wingkorps Taruna khususnya dan lembaga umumnya, karena penggantian pejabat seperti ini merupakan kehormatan dan kepercayaan, yang akan membawa konsekuensi tanggung jawab yang besar.

“Saya menaruh harapan besar kepada seluruh pejabat Wingkorpstar untuk mengemban amanah yang diberikan sehingga dapat menjalankan roda organisasi dengan kreatif dan inovatif,” ujar Gubernur AAU.

Lebih lanjut Gubernur AAU menyampaikan dalam amanatnya bahwa seorang komandan harus dapat membedakan antara kesalahan dan kejahatan serta menyelesaikannya dengan cara yang berbeda pula. Seorang komandan harus dapat memahami antara kepercayaan dan kesetiaan serta tidak salah dalam menempatkannya. Seorang komandan harus menerapkan disiplin secara adil dan konsisten kepada seluruh Taruna tanpa memikirkan persahabatan, pangkat dan diskriminasi lainnya.

Selesai upacara sertijab Danwingkorpstar dilanjutkan dengan acara tradisi serah terima stick Penatarama dari Komandan Drumband lama kepada Komandan Drumband yang baru.  Ibu Ayu Yuyu Sutisna selaku Ibu Taruna bertindak sebagai Irup dalam acara tradisi ini.

Dalam sambutannya Ibu Taruna menyampaikan bahwa serah terima jabatan seperti ini merupakan peristiwa yang senantiasa terjadi dalam dinamika organisasi, tak terkecuali serah terima Komandan Wingkorps Taruna. Pergantian komandan memiliki makna sebagai suatu kelanjutan mata rantai proses pembinaan, sekaligus mendorong pembaruan semangat dan penyegaran pemikiran, yang diarahkan untuk keamajuan Wingkorps Taruna.

Ibu Taruna juga menyampaikan harapannya kepada Danwingkorpstar yang baru untuk menyadari bahwa kehormatan dan kepercayaan membawa konsekuensi tanggunjawab dan resiko yang tidak ringan, karena dituntut harus mampu menjadi teladan dengan asah asih asuh dan mampu mengarahkan rekan-rekan seangkatan maupun para junior, serta harus mampu memunculkan ide-ide baru yang positif dan sehat demi kemajuan organisasi, karena hal itu merupakan bagian dari proses pembentukan kemampuan kepemimpinan calon-calon perwira TNI AU.

Upacara yang berlangsung khidmat ini dimeriahkan oleh Atraksi Drum Band AAU “Gita Dirgantara” dan dihadiri oleh Wakil Gubernur AAU Marsekal Pertama TNI Fachry Adami, S.E., Ibu Irene Tatang Harlyansyah selaku Ibu Asuh Taruna, Pengurus PIA Ardhya Garini CBS AAU serta para pejabat AAU.

Terkait

Komentar