Berita

GUBERNUR AAU PIMPIN UPACARA PERINGATAN TRAGEDI PENGKHIANATAN PANCASILA

Dibaca: 7 Oleh 01 Okt 2012Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Bambang Samoedro, S.Sos. bertindak sebagai Irup (Inspektur Upacara) Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober di Batalyon infantri 403 kentungan, lap Pancasila, Yogyakarta, Senin.(1/10).

Ikrar kesetiaan terhadap pancasila juga dibacakan oleh petugas upacara. Termasuk Naskah Pancasila dan pembaca Pembukaan UUD 1945.Turut hadir dalam upacara peringatan tragedi pengkhianatan pancasila seluruh lapisan masyarakat, TNI darat, laut dan udara, Wanita TNI, Mahasiswa, Karbol, dan ormas masyarakat, pelajar, dan tokoh masyarakat. Pejabat yang hadir selain Gubernur AAU, Danlanud Adi Sutjipto, Kapolda DIY, Danrem 072/pamungkas, Danlantamal, Ketua DPR propinsi DIY, pejabat Muspida DIY dan tokoh masyarakat,

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober untuk mengenang Gerakan 30 September oleh PKI pada 1965 yang akan mengambil alih kekuasaan dan akan menggantikan Pancasila dengan ideologi Komunis.

Peristiwa pembunuhan terhadap para petinggi TNI ini bukan hanya terjadi di Jakarta saja namun di Yogyakarta pada hari yang sama G.30 S/PKI berhasil menguasai RRI, Markas Korem 072 dan megumumkan pembentukan Dewan Revolusi. Sore harinya mereka menculik Komandan Korem 072, Kolonel Katamso dan Kepala Staf Korem Letnan Kolonel Sugiono dan membawanya kedaerah Kentungan. Kedua perwira tersebut dibunuh dan tubuhnya dimasukan ke sebuah lubang yang sudah disiapkan. Tanggal 21 Oktober 1965 kedua Jenazah baru ditemukan.

Seusai Upacara rombongan langsung menuju monument pancasila Untuk mengenang Jasa kedua Pahlawan Revolusi tersebut, maka di lokasi peristiwa pembunuhan di bangun Monumen Pahlawan Pancasila yang terletak di kompleks Batalyon 403 ( dahulu Batalyon L ) di tepi sebelah selatan, di sebelah timur Jalan Kaliurang yang diharapkan dapat dijadikan sarana efektif dalam memberikan informasi dan mudah dihayati bagi semua pihak tentang bukti-bukti sejarah G – 30S / PKI di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga:  PENANAMAN POHON MENANDAI DIRESMIKANNYA GOR LANUD SULTAN HASANUDDIN

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel