Berita

GULHURA LANUD ABD SALEH HALAU AKSI DEMO

Dibaca: 5 Oleh 23 Mei 2010Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Sebanyak 100 warga di sekitar Lanud Abd Saleh menggelar aksi demo di depan gerbang baru Bandara Abdulrachman Saleh, (19/5). Aksi tersebut sempat ricuh setelah tidak adanya kesepekatan warga dengan pihak Lanud. Sehingga Lanud dengan tegas mengerahkan pasukan Penaggulangan Huru-hara (Gulhura) untuk membubarkan aksi anarkis tersebut.

 

Kegiatan tersebut merupakan bagian sekenario rangkaian Garuda Perkasa tahun 2010. Dalam latihan itu dilibatkan sebanyak 109 orang sebagai pendemo dan pasukan Gulhura 1 kompi dari jajaran Lanud, Sat POM AU 9 orang, serta 2 anjing.

 

Dimulainya sekenario tersebut warga datang ke areal gerbang bandara langsung membakar ban serta ranting-ranting kering di sekitarnya. Disela akis bakar-bakar, warga juga melakukan orasi serta membawa spanduk dan poster. Tuntutan warga meliputi, pengembalian hak-hak tanah warga dan kembalikan tanah garapan warga.

 

Melihat situasi seperti itu, Lanud merespon dengan mengerahkan 1 kompi pasukan Gulhura dengan mengenakan pakain lengkap. Dengan kedatangan 1 kompi pasukan, warga semakin menjadi. Tim negosiasi juga turun tangan menemui koordinator warga.

Baca juga:  Korp Raport Kenaikan Pangkat Prajurit Wing II Paskhas

 

Sayangnya, tidak ada kesepakatan dalam negosiasi itu. Warga semakin tidak terkendali dan mulai melakukan aksi melempari petugas hingga saling dorong. Akhirnya, warga semakin ngawur dan terjadilah bentrok dengan petugas Gulhura. Warga pun semburat setelah Gulhura menurunkan mobil PK Lanud membubarkan massa dengan semprotan air serta 2 anjing dari Sat POM AU.

 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai simulasi latihan jika suatu saat terjadi yang sebenarnya. Satuan Gulhura didukung seluruh insub Lanud.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel