Berita

Gunakan Besek saat Membagikan Daging Kurban sebagai Wujud Cinta Lingkungan

WUJUD CINTA LINGKUNGAN, PANITIA KURBAN LANUD J.B. SOEDIRMAN PILIH MENGGUNAKAN BESEK SAAT MEMBAGIKAN DAGING KURBAN
#TNIAU 

TNI AU. Wujud cinta lingkungan, panitia kurban Lanud J.B. Soedirman pilih menggunakan besek dari anyaman bambu saat membagikan daging kurban. Hal itu tampak pada pembagian daging yang dilakukan Komandan Lanud J.B. Soedirman Letkol Pnb Arie Sulanjana, S.T., M.P.M., dan Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 8/D.I Lanud J.B Soedirman Ny. Dyah Arie Sulanjana bersama panitia kurban Lanud J.B. Soedirman, Minggu (11/08) di halaman Masjid Al-Ikhlas Lanud Jbs.

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan setelah pelaksanaan Sholat Iduladha di Masjid Al Ikhlas Lanud Jbs yang dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban secara simbolis oleh Komandan Lanud J.B. Soedirman yang diterima oleh ketua panitia pelaksana Hari Raya Iduladha Lanud Jbs Kapten Adm Mohammad Soni Sobri yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Dinas Personel Lanud Jbs.

Danlanud dalam keterangannya pada kegiatan tersebut mengatakan, “Penggunaan besek dalam pendistribusian daging hewan kurban ini merupakan perintah pimpinan, dimana kemasan menggunakan besek yang terbuat dari bambu ini merupakan kemasan ramah lingkungan. Selain untuk menjaga lingkungan, penggunaan besek juga memberikan manfaat bagi petani bambu dan perajin besek, dengan demikian kita ikut menggerakkan perekonomian rakyat kecil,” jelas Danlanud.

Danlanud juga menambahkan dengan penggunaan besek ini diharapkan masyarakat dapat kembali mengingat jika besek atau anyaman bambu ini adalah industri warisan nenek moyang yang perlu dilestarikan. Bahkan dia berharap agar penggunaan besek kembali dilakukan untuk beberapa aktifitas dan kegiatan hajatan dirumah warga hingga instansi pemerintahan.

Penggunaan besek ini dilakukan juga, untuk mengajak masyarakat mencintai lingkungan. Sebab selama ini, sampah plastik menjadi salah satu penyebab pencemaran lingkungan lantaran susah untuk diurai. “Kalau sampah plastik menjadi momok perusak lingkungan yang dapat menimbulkan berbagai penyakit, saya berharap kepada masyarakat agar tidak membuang sampah plastik sembarangan. Kami ingin masyarakat mencintai lingkungannya, karena mencintai lingkungan dan kebersihan lingkungan juga merupakan sebagian dari iman,” ujar Danlanud.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel