Berita

Gunung Bromo Meletus, Koopsau II Turunkan Bala Bantuan

Dibaca: 11 Oleh 02 Sep 2016Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Latihan kesiapsiagaan Koopsau II dalam penanggulangan bencana tahun 2016 di Lanud Abd Saleh telah memasuki hari kedua. Pada hari kedua ini, dilaksanakan serangkaian latihan untuk melanjutkan kegiatan TAMG yang telah digelar kemarin di gedung Binayudha yaitu berupa foto udara, helibox, CDS, evakuasi korban terluka dan datangnya bantuan luar negeri. Latihan ini mengunakan sandi “Badik Bromo”. yang disaksikan Wadirlat (wakil Direktur latihan) Marsma TNI T. Sembiring dan team dari Mabes TNI. Selain itu juga disaksikan oleh seluruh kepala Badan penanggulangan bencana Daerah (BNPB). Baik dari Malang, Pasuruan, Probolinggo maupun Lumajang.

Skenario latihan dihari kedua ini yaitu di Kec. Suka Pura Kab. Probolinggo terjadi erupsi gunung Bromo dan berdampak kepada lumpuhnya Sukapura terhadap akses darat dan komunikasi. Dalam kondisi seperti ini akhirnya BNPB menginformasikan bahwa perlunya bantuan kepada TNI. Akhirnya berdasarkan RO dilaksanakan PO oleh KOOPSAU II berintegrasi untuk melakukan serangkaian kegiatan pertolongan yang diawali dengan foto udara yang melibatkan pesawat C-212 Casa untuk mengetahui kondisi daerah tersebut kemudian dilanjutkan dengan pengiriman helibox sebanyak 20 buah dalam 2 kali run pesawat Casa. Setelah helibox berhasil selanjutnya dilaksanakan CDS (container delivery system) menggunakan pesawat C 130 Hecules yaitu pengiriman bantuan logistik berupa makanan dan obat-obatan. Dalam CDS ini ada 4 kontainer dengan berat masing-masing 500 kg yang di jatuhkan dari pesawat Hercules dengan kecepatan 130 knot pada ketinggian 6.000 feet atau 200 m, total ada 8 kontainer yang dijatuhkan dalam 2 kali run.

Baca juga:  PENERBAL KUNJUNGI LANUD ABD SALEH

Bantuan logistik telah diturunkan di tempat bencana tersebut, selanjutnya 1 unit pesawat SAS 330 Puma tiba untuk mengangkut korban terluka maupun korban jiwa yang telah dievakuasi ke tempat aman oleh tim SAR. Para korban diangkut menuju ke rumah sakit Moh. Saleh Probolingo, untuk mendapat pertolongan lebih lanjut. Selain bantuan dari dalam negeri, kondisi bencana alam seperti ini tidak menutup kemungkinan akan adanya bantuan yang datang dari luar negeri. Maka dilatihkan pula cara penerimaan bantuan hingga penyaluran bantuan tersebut hingga sampai ke daerah yang terdampak yaitu kecamatan Sukapura Probolinggo.

Latihan Kesiapsiagaan ini melibatkan alutsista Pesawat Hercules C-130, Pesawat Casa C-212, dan Pesawat SAS 330 Puma serta bantuan Radar Gematronik dan ambulan serta mobil mobil Follow me. Dari Detasemen Matra dan Yon ko 464 Paskhas terlibat aktif dalam Sar dan Evakuasi korban.

Disampaikan oleh Komandan Lanud Abd Saleh bahwa Latihan hari kedua melibatkan 500 personel dari Mabes TNI, KOOPSAU II, Lanud Abd Saleh dan beberapa unsur terkait ini dilaksanakan dengan harapan agar dapat melihat kesiapan dan kekurangan dari berbagai unsur ini dalam pelaksanaan evakuasi maupun pemberian bantuan langsung berupa penanganan pengungsi, logistik, dan obat-obatan baik dari dalam negeri maupun luar negeri ke daerah terdampak. Dikarenakan daerah Probolinggo dan sekitarnya merupakan daerah yang rawan terdampak bencana erupsi gunung berapi, maka komandan Lanud marsma TNI H. RM Djoko Senoputro, SE.M.M. menyampaikan “salah satu tujuan dari latihan tersebut adalah agar KOOPSAU II beserta pihak-pihak terkait mampu dan siap memberikan bantuan maupun evakuasi dengan tepat apabila terjadi bencana alam berupa erupsi gunung berapi.” Saat doorstop dengan wartawan.

Baca juga:  PLT. Gubernur Aceh Nova Iriansyah Tinja Venue Paralayang

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel