Berita

HARI BAKTI KE-62 TNI ANGKATAN UDARA

Dibaca: 9 Oleh 16 Mei 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Rangkaian kegiatan Hari Bakti ke-62 TNI Angkatan Udara Wilayah Bakorda Bandung dilaksanakan dalam rangka memperingati peristiwa heroik para penerbang muda Angkatan Udara Republik Indonesia tanggal 29 Juli 1947, yang kala itu RI baru berusia kurang dari dua tahun. Peristiwa heroik tersebut berupa serangan udara ke tangsi-tangsi militer Belanda di kota Semarang, Salatiga, dan Ambarawa. Ide serangan udara ini datang dari para penerbang muda seperti Mulyono, Bambang Saptoaji, Sutarjo Sigit, dan Suharnoko Harbani, merupakan aksi balas atas serangan membabi buta oleh pesawat-pesawat Belanda pada tanggal 21 Juli 1947 di wilayah RI termasuk terhadap pangkalan udara di Jawa dan Sumatera. Namun keberhasilan pada pagi hari harus dibayar mahal dengan peristiwa tragis sore harinya ketika Pesawat Dakota VT-CLA yang sedang melaksanakan misi kemanusiaan, yaitu sedang membawa obat-obatan bantuan Palang Merah Malaya kepada Palang Merah Indonesia, ditembak jatuh oleh pesawat P-40 Kitty Hawk Belanda. Sehingga mengakibatkan seluruh awak pesawat dan penumpang gugur kecuali satu penumpang atas nama Bapak Abdulgani Handonotjokro. Tiga perintis AURI ikut gugur yaitu Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Abdulrahman Saleh dan Opsir Muda Udara Adi Sumarmo Wirjokusumo.

Baca juga:  Wasrikkap di Mawing II Paskhas

 

TNI AU Bakorda Bandung dalam memperingati Hari Bakti tahun 2009 ini melaksanakan kegiatan meliputi kegiatan Bakti Sosial, Ziarah dan Upacara. Pelaksanaan hari pertama bakti sosial di Graha Antariksa berupa Donor Darah bekerja sama dengan PMI Kota Bandung yang dapat mengumpulkan 247 kantung labu darah, Kamis 23 Juli 2009. Para pendonor merupakan perwakilan dari seluruh kesatuan TNI AU yang tergabung dalam Bakorda Bandung meliputi Seskoau, Koharmatau dan jajarannya, Dislitbangau, Makorpaskhasau, Lanud Husein Sastranegara, Lanud Sulaiman, Rumkit Salamun, Lafiau, Wingdiktekkal, dan Sesa Lanud Hsn. Hari ke-2 angjangsana ke beberapa panti asuhan yang tersebar di wilayah kota Bandung (Jumat, 24/7) dimulai dari Panti Sosial Asuhan Anak Al Baar di Jl. Abdulrahman Saleh, kemudian berlanjut ke Panti Asuhan Kristen Dana Mulia di Jl. Cipaganti, dan terakhir ke PSAA Wisma Putera di Jl. Ciumbuleuit, Bandung. Hari ke-3 melaksanakan kegiatan Khitanan Masal yang dilaksanakan di Perawatan Umum (Watum) Lanud Husein Sastranegara dengan jumlah 23 anak berasal dari masyarakat sekitar. Secara simbolis Danlanud Husein Sastranegara, Kolonel Pnb Iman Sudrajat menyerahkan bingkisan kepada salah seorang perwakilan anak yang dikhitan.

Baca juga:  PEMBUKAAN PENAWARAN PROYEK BANGFAS DI KOSEK HANUDNAS III DAN SATRAD JAJARAN TA. 2013

 

Kegiatan selanjutnya adalah ziarah ke Taman Makam Pahlawan Cikutra Bandung, Selasa (28/7), dengan Pimpinan Ziarah Rombongan Komandan Seskoau, Marsekal Muda TNI Rodi dan ditutup dengan diadakannya upacara peringatan di Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara, Rabu (29/7). Bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Komandan Koharmatau, Marsma TNI Bambang P. Priyono, S.IP., dan Komandan Upacara Letkol Tek Ginda, melibatkan peserta upacara sekitar 600 personel terdiri dari Kompi Pamen, Kompi Perwira, Batalyon Bintara, Batalyon Tamtama, Kompi PNS dan Siswa.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel