Berita

Hari Kesaktian Pancasila di Pusatkan di Monumen Pancasila Kentungan Yogyakarta

Dibaca: 14 Oleh 07 Okt 2015Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Yogyakarta dipimpin oleh Inspektur Upacara Komandan Korem 072/ Pamungkas Brigjend. TNI Stefanus Tri Mulyono di Lapangan Pancasila Kentungan dengan diikuti tak kurang dari 1000 peserta. Mereka terdiri dari anggota TNI AD, TNI AU, TNI AL, Polri, Karbol AAU, Pelajar, Tokoh masyarakat, dan Gerakan kepemudaan.

Ikut Hadir dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diantaranya : Wakil Gubernur DIY Paku Alam ke XI, Gubernur AAU Marsda TNI Abdul Muis , Kapolda DIY Brigjen Pol. Erwin Triwanto, Komandan Lanal Yogyakarta Kol (P)/Laut Kartoli, Komandan Lanud Adisutjipto yang diwakili oleh Kadisops Lanud Adisutjipto, Kol Pnb Bonang Bayu Aji Gautama, Kajati dan para pejabat TNI AU, TNI AD dan TNI AL serta sejumlah pejabat dari berbagai instansi pemerintahan di wilayah DIY.

”Penyelenggaraan peringatan Hari Kesaktian Pancasila sesungguhnya merupakan salah satu upaya untuk memelihara ingatan kita, tentang Pancasila sebagai idiologi yang harus terus dipegang teguh oleh seluruh komponen bangsa. Kita tidak boleh lalai akan bahaya laten komunis”, demikian Irup mengingatkan dalam sambutannya.

Baca juga:  Tanpa Henti Lanud Pattimura Ambil Bagian dalam Giat Serbuan Vaksinasi demi Ambon Bebas Covid-19

Disela-sela acara kunjungan ke Monumen Pancasila Kepala Dinas Operasi Kolonel Pnb Bonang Bayu Aji usai upacara menyampaikan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila, merupakan sarana untuk mengingatkan seluruh komponen bangsa tentang catatan hitam yang pernah terjadi di dalam perjalanan sejarah bangsa, yaitu peristiwa Gerakan 30 September yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia Tahun 1965. Gerakan yang hendak mengubah Pancasila sebagai idiologi bangsa, berhasil ditumpas, sehingga Pancasila tetap bertahan sebagai idiologi bangsa sampai dengan saat ini. “Keberhasilan menumpas Gerakan 30 September 1965 itulah yang kemudian menginspirasi pemerintah untuk menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila

Sementara itu pada saat yang sama Anggota Lanud Adisutjipto dan segenap anggota Akademi Angkatan Udara, mengikuti Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Wakil Gubernur AAU Marsekal Pertama TN Wahyu A.Djaja. Selain itu, upacara juga diikuti anggota Denhanud Paskhas Yogya dan siswa Sekolah Penerbang serta Karbol.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel