Berita

HARI KESEHATAN NASIONAL KE 49 DIY DIPUSATKAN DI RSPAU DR. S. HARDJOLUKITO

Dibaca: 44 Oleh 22 Nov 2013Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Upacara Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) ke 49 DIY dilaksanakan di RSPAU dr. S. Hardjolukito Yogyakarta. Kamis, (21/11). Dalam HKN kali ini hadir sebagai Inspektur Upacara Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X. Pelaksanaan dilaksanakan tepat pada pukul 08.00 WIB. Dalam sambutan Menteri Kesehatan RI yang dibacakan Sri Sultan, menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada jajaran kesehatan yang mengabdikan diri di daerah terpencil, perbatasan dan pulau-pulau terluar.

Demikian pula terima kasih saya kepada para kader kesehatan di seluruh Tanah Air, yang telah bekerja dengan sukarela untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, digaris depan perjuangan kita. Tema Hari Kesehatan periode tahun 2010-2014 ini adalah INDONESIA CINTA SEHAT. Tampil sebagai Komandan Upacara adalah Letnan Kolonel Zaenal.M.Kes yang sehari-hari bertugas debagai Pakes Gol V RSPAU dr. S. Hardjolukito.

Dalam kesempatan Lain Menteri Kesehatan RI menyampaikan untuk HKN kali ini dijadikan momentum untuk melakukan refleksi tentang apa yang dapat kita berikan bagi kesehatan dan kesehjahteraan bangsa tercinta. Kita masih harus bekerja keras, bekerja, cerdas, bekerja iklas dan bekerja tuntas, untuk mencapai sasaran-sasaran Pembangunan Kesehatan dengan mengutamakan upaya promotif-preventip.

Baca juga:  PERINGATAN HARI LAHIRNYA BAGINDA RASULLAH SAW 1435 H DI LANUD SIM

Hadir dalam kesempatan kali ini para Bupati, Para Pejabat Militer DIY dan para undangan serta para pemenang lomba-lomba dalam rangka HKN 2013. Setelah Upacara dilakukan Pencanangan Pengembangan Desa Siaga Sehat Jiwa yang ditandai dengan penyerahan Plakat Oleh Gubernur DIY kepada Para Bupai dan Walikota. Kemudian dilakukan Pencanangan Pengembangan Dokter Keluarga di Layanan Primer oleh Gubernur DIY dengan Penandatanganan Prasasti.

Selanjutnya dilakukan Penyerahan Penghargaan kepada tenaga kesehatan dll acara tambahan yang terakhir adalah Peninjauan Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara dan Pameran. Juga dalam kesempatan ini di lakukan Penyerahan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 2008 bagi UPTD KESEHATAN yaitu bagi Rumah Sakit Khusus Paru Respira, Yogyakarta, Balai Laboratorium Kesehatan, Yogyakarta dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Institusi Diklat Kesehatan dengan Kualifikasi Terakreditasi Penuh pada BAPELKES, Yogyakarta.

Selain upacara bendera HKN tahun ini juga diadakan pameran, pameran menampilkan produk-produk kerajinan karya para pasien dengan gannguan mental/jiwa yang dari 4 kabupaten dan kota madya yang di koordinir oleh RS Gracia Yogyakarta dan RSPAU dr. S. Hardjolukito menampilkan Informasi Kesehatan dimana RSPAU siap melayani Masyarakat dengan alat-alat canggihnya seperti ESWL pada penyakit gangguan perkemihan, Alat Lasik pada kasus-kasus gannguan penglihatan.

Baca juga:  Sosialisasi Dan Monitoring Permildas TNI Digelar di Lanud Adisutjipto

Gammma camera pada kasus-kasus penyakit Cancer, Catlab pada kasus-kasus penyakit Jantung dan lain sebagainya dimana alat-alat canggih ini tidak semua rumah sakit di DIY memilikinya. Selain produk-produk kerajinan tangan para pasien gangguan jiwa dan informasi pelayanan kesehatan RSPAU dalam pameran kali ini juga menampilkan tidak kurang 15 mobil-mobil unit kesehatan dari seluruh pelayanan kesehatan di DIY, seperti mobil VIP RSPAU dengan kelengkapan alat-alatnya, mobil BLK DIY dengan pelayanan Laboratoriumnya, mobil Promkes Dinkes DIY dan lain-lain “ Pameran sangat bagus, semoga semua alat yang di pamerkan ini benar-benar dapat di manfaatkan untuk masyarakat Yogyakarta” Ujar Ka RSPAU Marsma TNI dr. Benny H Tumbelaka Sp.OT.,MH.Kes.,Sp.KP.MARS dalam acara kunjungan pameran.

“ Kegiatan ini benar-benar menjadi momentum yang baik bagi RSPAU untuk semakin dikenal masyarakat, dimana RSPAU tidak hanya anggota TNI saja yang dilayani tapi masyarakat luas juga dapat memamfaatkan fasilitas kesehatan di RSPAU dr. S. HardjolukitoL Ujar Humas RSPAU Mayor Kes Agung Riyadi disela-sela kegiatan.

Baca juga:  PENUTUPAN LATIHAN BIDO GESIT TAHUN 2014 DI LANUD ROESMIN NURJADIN

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel