Berita

Hari Pahlawan Senantiasa Dijadikan Sebagai Momentum Instropeksi

Dibaca: 7 Oleh 10 Nov 2010Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Bagi TNI, setiap peringatan hari bersejarah khususnya hari pahlawan, senantiasa dijadikan sebagai momentum untuk melakukan instropeksi, apakah perjuangan bangsa ini masih segaris dengan perjuangan para pahlawanya. Juga harus kita maknai sebagai momentum untuk melakukan repleksi historis dalam rangka memetik hikmah dan pelajaran dari setiap episode perjuangan nasional untuk ditransformasikan secara nyata dalam pelaksnaan sehari-hari.

Demikian disampaikan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono dalam sambutannya yang dibacakan oleh Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsekal Pertama TNI Agus Supriatna sebagai inspektur upacara memperingati hari pahlawan ke-65 , Rabu (10/11) di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin yang diikuti oleh seluruh anggota Lanud Sultan Hasanuddin baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil.

Upacara yang diawali dengan pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan pembacaan pesan-pesan pahlawan yang dilanjutkan dengan sambutan Panglima TNI dan diakhiri dengan pembacaan doa tersebut dihadir Komandan Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin Kolonel Pnb Mujianto, Para Kadis dan Komandan Satuan.

Baca juga:  Lanud Sultan Hasanuddin Selenggarakan Latihan Patroli Hanlan

Selanjutnya Panglima TNI mengatakan melalui momentum hari pahlawan ini, diharapkan rasa kesetiakawanan sosial sebagai anak bangsa dapat tumbuh dan berkembang yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai salah satu modal untuk menyelesaikan masalah bangsa.

Oleh karena itu, lanjut Panglima TNI, TNI diwilayah tugasnya masing-masing dituntut untuk membuat suatu inisiasi, kreasi dan motifasi dalam menciptakan perencanaan terpadu bersama dengan komponen Pemda, Polri dan masyarakat lainnya untuk menyusun cara mengatasi bencana, meliputi rencana kontijensi , rencana tanggap darurat, rencana pemulihan dan rencana latihan serta prosedur tetap (SOP), sesuai dengan kondisi cuaca dan geografis masing-masing.

“Dalam kaitan ini, prajurit TNI diseluruh tanah air agar terampil dan memahami kondisi ancaman yang diakibatkan oleh faktor alam di daerahnya masing-masing” ,tegas Panglima TNI.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel