TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Hawk 109/209 Pontianak “Forced Down” Pesawat Asing di Wilayah Udara Papua

By 06 Aug 2018Berita
kirim_2

TNI AU. Sebagai bagian dari Latihan simulasi dengan sandi “Cakra Kilat” untuk melaksanakan “force down” (penurunan paksa) pesawat asing yang melintas di wilayah kepulauan Papua oleh dua pesawat tempur Hawk 109/209 Skadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak mendarat di Lanud Silas Papare, Senin (06/8).

Diskenariokan terdapat pesawat tidak di kenal yang melanggar wilayah udara NKRI di wilayah timur yang tertangkap oleh radar Kosekhanudnas IV Biak. Melihat situasi tersebut, maka dua pesawat tempur dari Skadron Udara 1 Pontianak mendapatkan perintah untuk mengintercept dan mem force down atau menurunkan paksa pesawat tersebut di Lanud Silas Papare. Setelah dipaksa mendarat, maka Pasukan yang terlibat dari personel Lanud Silas Papare, Intelpam, Paskhas. Unsur terkait dari mobil PK Bandara Sentani, segera bergerak untuk mengamankan pesawat serta crew di dalamnya, untuk kemudian dilakukan investigasi dan interogasi untuk memperoleh keterangan.

Latihan dengan sandi Kilat Cakra ini merupakan tolok ukur seluruh personel berkemampuan Hanudnas, terkait seberapa baik penguasaan dan kemahirannya dalam melaksanakan prosedur operasional pada tugas pertahanan udara dengan melibatkan satuan pertahanan udara kewilayahan.

Komandan Lanud Silas Papare menyampaikan bagi  personel yang terlibat dalam latihan ini laksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, utama faktor Safety masing-masing agar rangkaian latihan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Sesuai tugas pokok TNI AU adaklah menjaga kedaulatan wilayah NKRI, dalam hal ini Lanud Silas Papare untuk melaksanakan dukungan operasi penerbangan dan pengamanannya. Salah satu tugas yang dilaksanakan adalah penanggulangan force down sesuai protap yang kita punya untuk penegakan kedaulatan  di udara oleh Kosek IV di Biak, penanggulangannya tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab Lanud Silas Papare sebagai pangkalan dukungan operasi di wilayah timur agar tugas dan tanggung jawab apabila terjadi sesuatunya sudah terbiasa, “Ujar Kadisops Lanud Silas Papare Letkol Nav Djoko Purnomo.

Usai acara dilanjutkan dengan Statik Show, dimana para pelajar memadati apron Baseops Lanud Silas Papare terdiri dari SMA, SMP, SD dan anak-anak TK untuk melihat dari dekat yang bertujuan untuk memperkenalkan alutsista yang dimiliki TNI AU juga  menarik pengembangan minat potensi dirgantara kususnya generasi muda diwilayah Papua.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Hawk 109/209 Pontianak “Forced Down” Pesawat Asing di Wilayah Udara Papua