Berita

HELIKOPTER EC COLIBRI H -1209 MENDARAT DARURAT

Dibaca: 5 Oleh 09 Mei 2012Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

May Day- may day may day. dan bunyi serine dari Tower meraung-raung ketika sebuah Pesawat Helikopter EC 120 Colibri Nomor H-1209 dengan pilot Letkol Pnb Sapuan dan Co Pilot Lettu Pnb Izar Inosantio, JMU Pelda Gandhi Heru M dan Pembantu JMU Sertu Agus Sriyanto mendarat darurat di depan Hanggar C Pangkalan TNI AU Suryadarma, Selasa (8/5) karena engine mengalami kerusakan. Dalam beberapa menit semua personel yang tergabung dalam Crass Team yang standby di Base Ops Lanud Suryadarma segera menuju lokasi pendaratan pesawat tersebut yang dikendalikan Kadisops Letkol Pnb Suliono dengan pengendali lapangan Kapten Lek Tri Marsito, Kasie Base Ops. Beberapa anggota POM AU dan Staf Intelijen juga segera sampai dilokasi disusul tim dari Seksi Lambangja.

Dalam pendaratan darurat tersebut kedua penerbang selamat, kecuali JMU Pelda Gandi mengalami patah tulang bahu dan segera dilarikan ke Rumag Sakit Lanud Suryadarma untuk penanganan lembih lanjut.

Demikian simulasi latihan penanggulangan gawat darurat yang dilaksanakan Seksi Operasi dan Latihan (Opslat) Dinas Operasi Lanud Suryadarma tahun anggaran 2012 dan langsung ditinjau Komandan Lanud Suryadarma, Kolonel PNB H. Dumex Dharma, S AP, M Si (Han). Menurut Kadisops Lanud Suryadarma, sebagai penanggung jawab latihan ini bahwa latihan ini reel seperti yang sebenarnya karena semua personel tidak ada yang tahu bahwa akan ada latihan gawat darurat kecuali beberapa personel yang terkait dengan perencanaan. ” Namun dengan keberadaan personel di posisi masing-masnig ketika ada kejadian mereka sudah siap dan langsung menuju sasaran dengan waktu yang relatif singkat dan sesuai peraturan yang berlaku, kata Kadisops.

Dengan demikian lanjut Kadisops latihan hari ini telah berhasil dengan hasil yang memuaskan dan hal ini menujukan bahwa personel Lanud Suryadarma selalu siap dalam melaksanakan tugas untuk mendukung operasi penerabangan dan tugas-tugas lainnya dengan baik.

Akhirnya semua personel terkait mengambil peran dan posisi tugas masing-masing dan langsung membuat laporan hasil identifikasi masing-masing untuk dievaluasi sehingga akan mendapat pelajaran untuk menghadapi kontijensi yang sebenarnya.

Baca juga:  Ketua Pia Ardhya Garini Daerah I Koopsau I Berikan Tali Asih

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel