Berita

Helikopter Sambar Peserta “Surya Sakti 2011” di Danau Citapen

Dibaca: 6 Oleh 06 Mei 2011Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

ebuah Pesawat Helikopter EC 120 Colibri dari Skadron Udara 7 yang diskenariokan sebagai pesawat musuh sedang menyambar peserta latihan survival dasar Lanud Suryadarma “Surya Sakti 2011” saat berada di perahu di Danau Citapen, Subang, Kamis (5/5). Momen tersebut merupakan bagian dari latihan “Surya Sakti 2011” ketika peserta ingin mencapai daerah perlindungan yang aman, namun di tengah perjalanan harus menghindari kejaran dan intaian pesawat musuh.

Menurut Letkol Pnb Suliono S.Sos., selaku Direktur Latihan, dalam latihan survival dasar tersebut diskenariokan Lanud Suryadarma merupakan pangkalan yang bertugas memberi bantuan logistik kepada pasukan kawan yang berada di medan tempur. Namun di tengah perjalanan pesawat mengalami kerusakan sehingga mendarat darurat di daerah musuh.

Oleh karena itu, para kru pesawat terpaksa harus mencari daerah yang aman, sehingga mereka melakukan perjalanan melalui tebing, hutan dan di wilayah perairan. Selama di hutan mereka mendapat pelajaran cara bertahan hidup dengan cara makan tumbuh-tumbuhan yang tidak beracun, cara menangkap hewan liar dan lain-lainnya. Ketika mereka berada di laut saat naik perahu, pesawat musuh terus mengejar dan mengitainya, sehingga mereka berlindung dengan cara membalik perahu karetnya.

Baca juga:  Donor Darah di Kosek Hanudnas III

Dalam amanat penutupannya di Lapangan Ciluluk, Kalijati, Kamis siang (5/5) Kol Pnb Heraldy Dumex Dharma S.AP., M.Si., menyampaikan ucapan selamat kepada sekitar seratus peserta yang telah melalui rangkaian latihan selama dua hari dengan aman dan selamat. Di harapkan ke depan, personel Lanud Suryadarma yang akan menjalani beberapa program latihan lanjutan dapat lebih baik lagi dalam pelaksanaannya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel