Berita

Hercules TNI AU Pulangkan 492 TKI Ilegal Dari Malaysia

Dibaca: 5 Oleh 24 Des 2014Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Lima pesawat C-130 Hercules TNI AU dibawah mission commander Letkol Pnb Purwanto Adi, Selasa (23/12) malam telah berhasil membawa kembali ke tanah air para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dideportasi pemerintah Malaysia.  Sebanyak 492 TKI berhasil didaratkan di Lanud Halim Perdanakusuma pada pukul 18.30 wib, sebelumnya mereka telah menempuh penerbangan dari bandara Subang Kuala Lumpur Malaysia menuju Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Begitu turun dari pesawat Herkules, para TKI langsung diarahkan ke ruang tunggu di Baseops Halim Perdanakusuma, untuk dilakukan pengecekan kelengkapan dokumen keimigrasian, pengecekan barang bawaan serta pemeriksaan kesehatan. Sesaat sebelumnya, juga telah dilakukan upacara peneyerahan TKI yang dilaksanakan oleh perwakilan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta kepada pemerintah Indonesia.

Para TKI kemudian dikelompokan menurut asal daerahnya yang meliputi lima lokasi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Utara dan Nanggroe Aceh Darusalam.  Setelah selesai menjalani pengecekan dokumen, selanjutnya malam itu juga para TKI di tampung di beberapa penampungan TKI milik Kemennaker  yang berada di Jakarta Timur dan Bekasi.

Selanjutnya hari ini Rabu (24/12) dipulang kan ke kampung halaman masing-masing yaitu ke Jawa Timur dengan satu pesawat Herkules TNI Angkatan Udara menuju Lanud Surabaya dan dua Herkules Menuju Lanud Suwondo Medan Sumatra Utara..

Sementara itu, pada hari ini juga dua pesawat C-130 Hercules kembali melaksanakan misi penjemputan TKI ke Malaysia dibawah mission commander Letkol Pnb Purwanto Adi, Pesawat A-1305 dan A-1327 telah diberangkatkan pada pukul 07.00 dari Halim Perdanakusuma menuju Lanud Suwondo Medan dan setelah itu menuju Bandara Subang di Kuala Lumpur Malaysia.

Sekitar 200 TKI akan diterbangkan kembali dengan pesawat Hercules TNI AU dari Malaysia menuju ke Indonesia dan direncanakan hari ini pukul 16.00 WIB dua pesawat Hercules akan mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

TNI Angkatan Udara mengerahkan pesawat Herkules untuk melaksanakan operasi penjemputan para TKI dari Malaysia ini, merupakan wujud nyata kecepatan TNI AU merespon menindaklanjuti perintah pimpinan untuk melaksanakan Operasi kemanusiaan.

Baca juga:  UNSUR TNI AU DIMINTA HADIR DI SULAWESI BARAT

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel