BeritaBerita KotamaKohanudnas

Hikma Hakikat Idul Adha/Idul Qurban

Hikma Hakikat Idul Adha/Idul Qurban
#TNIAU 

TNI AU.  Dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan personel Kosekhanudnas III setiap hari Rabu diselenggarakan pembinaan rohani yang diagendakan oleh Pabanda Bintal Mayor Sus Drs. Deden Saepulloh, M.Pd. Bagi personel yang beragama Islam dilaksanakan di Masjid Baitussalam Kosekhanudnas III. Kegiatan tersebut hadiri oleh Panglima Kosekhanudnas III Kolonel Pnb Djohn Amarul, S. AB., yang diwakili para Asisten Kosekhanudnas III, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kosekhanudnas III yang beragama Islam, setelah sholat dhuha. Rabu, (15/08).

Kegiatan agama Islam ini merupakan bagian dari program kerja pembinaan mental secara rutin diselenggarakan Kosekhanudnas III yang dilaksanakan secara intern seminggu sekali. Acara dimulai dengan sholat dhuha bersama, dilanjut dengan ceramah (tausiah) yang disampaikan langsung oleh Al ustadz Dr. Fuji Rahmadi, M.A., yang mengambil tema tentang Hikmah Hakekat Idul Adha/Idul Qurban.

Dalam ceramahnya Al ustadz Dr. Fuji Rahmadi, M.A., antara lain menyampaikan, bahwa hikmah hakikat idul adha/Idul qurban sebagai bentuk keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah. Lewat qurban ini kita mendapat pelajaran untuk menghilangkan sifat egoistis, Sifat hewania harus dibuang jauh-jauh, Qurban adalah latihan agar umat islam membiasakan diri memperhatikan orang lain, menghilangkan sifat kikir dan pelit, dengan membagi-bagikan sebagian rezeki yang dikaruniakan kepadanya.

Baca juga:  Tingkat Kesiapsiagaan, Lanud SIM Latihan Penanggulangan Bencana

Adapun bagi orang-orang yang menjumpai tanggal 10 Dzulhijjah ditambah 3 hari Tasyri’ sedang kita dikaruniai kelapangan rezeki, maka kita laksanakan perintah qurban ini. Jika tidak, Rosulullah memberikan peringatan keras kepada kita dalam sebuah sabdanya:’ barang siapa yang mempunyai kelapangan untuk berqurban tapi tidak melaksanakannya, maka janganlah dia dekat-dekat tempat kami sholat. Acara ditutup dengan doa bersama.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel