Berita

Hindari accident Melalui Gas LPG

Oleh 24 Nov 2016 No Comments
#TNIAU 

Menejeman PT Guna Indah Makmur, Distributor, Service, Surveyor produk-produk LPG Kompor Gas, memberikan sosialisasi tentang penggunaan dan perawatan tabung gas LPG secara benar dan aman di Lapangan Jupiter, Lanud Adisutjipto. Kamis, (24/8).

Penjelasan ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan mengenai penggunaan Tabung gas LPG sesuai dengan prosedur yang benar sehingga akan aman dan tidak mengalami kebocoran yang bisa menyebabkan pemborosan atau atau lebih besar lagi menyebakan kebakaran.

Dalam kesempatan sosialisasi yang diadakan setelah Apel Pagi itu, Menejeman PT Guna Indah Makmur memberikan pengertian dan pentingnya merawat dan penggunaan Tabung Gas LPG sesuai prosedur yang benar. Disampaikan bahwa sebaiknya menggunakan Regulator dan komponen lainnya yang memiliki standar SNI. Regulator ini berfungsi mengatur tekanan gas dari tabung LPG dan pastikan regulator terpasang dengan benar, tekanan yang ideal pada kompor berada pada posisi low pressure, hindari tekanan yang melebihi kekuatan tabung karena resikonya bisa meledak.

Perhatikan kondisi selang apakah retak atau tidak (biasanya terjadi pada kompor yang sudah berusia lama). Selalu memeriksa hubungan selang karet saluran gas pada kompor dan regulator apakah tersambung sempurna. Periksa gelang atau cincin karet karena meski ukurannya kecil perannya sangat besar. Lebih baik saat beli tabung gas minta stok karet kecil buat cadangan, Pastikan selang masuk sedalam mungkin untuk mencegah kebocoran.

Baca juga:  VOLLY BALL DANLANUD CUP 3 DI LANUD RANAI

Habiskan LPG dalam tabung sebelum menukarnya dengan tabung penuh. Fakta yang ada sekitar 20 % tabung LPG yang kembali ke perusahaan isi ulang ternyata masih tersisa, bisa jadi tabung yang hanya berisi gas tidak punya cukup tekanan untuk menyalurkan LPG ke kompor, sehingga pemiliknya menyangka tabungnya kosong. Hal ini biasanya disebabkan oleh regulatornya tidak berfungsi optimal.

Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Giyanto menyampaikan bahwa dengan adanya sosialisasi LPG seluruh anggota Lanud Adi dapat memahami dan mengerti tatacara atau prosedur penggunaan Tabung Gas LPG secara benar dan aman. Sehingga diharpakan tidak akan terjadi accident baik di lingkungan kedinasan maupun di rumah tangga.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi diantaranya para pejabat dijajaran Lanud Adisutjipto dan anggota baik militer maupun PNS.

Komentar