Berita

HUJAN BUATAN DI KALIMANTAN SELATAN

Dibaca: 10 Oleh 10 Okt 2012Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Mokh.Mukhson mengikuti acara pembukaan dimulainya pelaksanaan hujan buatan di wilayah Kalimantan Selatan, Rabu (10/10).

Terkait terjadinya kabut asap akibat terjadinya kebakaran di 5 titik api di wilayah kalimantan Selatan yang berakibat terganggunya penerbangan dan gangguan kesehatan bagi masyarakat maka sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2011 tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, dimana Presiden RI memberikan Instruksi kepada Menteri Riset dan Teknologi untuk melakukan koordinasi dalam pemberian bantuan penanganan kebakaran hutan dan lahan dengan menggunakan teknologi pembuatan hujan buatan, maka pada hari ini Pemerintah Daerah Propinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi Kalimantan Selatan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah melaksanakan operasi pemadaman kebakaran lahan dan hutan dari udara melalui pelaksanaan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau yang sering dikenal dengan istilah hujan buatan.

Komandan Lanud Sjamsudin Noor sebagai koordinator Posko pelaksanaan TMC di Kalimantan Selatan yang dipusatkan di Lanud Sjamsudin Noor mendukung penuh pelaksanaan kegiatan tersebut sebagaimana dukungan penuh yang diberikan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi Kalimantan Selatan yang akan dilaksanakan selama 15 hari mulai tanggal 10 sampai tanggal 25 Oktober 2012. Pelaksanaan operasi TMC di Propinsi Kalimantan Selatan ini didukung oleh 1 unit pesawat CASA 212-200 versi rain maker milik BPPT yang dioperasikan oleh PT Nusantara Buana Air (NBA).

Baca juga:  SD YPJ Tembagapura dan Kuala Kencana Kunjungi Muspusdirla

Sasaran pelaksanaan operasi TMC di Kalimantan Selatan ini adalah untuk menurunkan tingkat bencana gangguan asap kebakaran lahan dan hutan di Propinsi Kalimantan Selatan.

Acara pembukaan pelaksanaan hujan buatan ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan Drs. H. Rudy Arifin, MM. Yang dihadiri oleh para pimpinan Badan Musyawarah Pimpinan Daerah Kalimantan Selatan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel