Berita

Hujan Deras Mulai Guyur Kota Pontianak

Dibaca: 3 Oleh 31 Agu 2016Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Kota Pontianak sore hari kemarin, Selasa (30/8) diguyur hujan deras. Hujan yang telah lama ditunggu masyarakat kota Pontianak merata di beberapa wilayah Kalimantan Barat. Ini merupakan dampak dari operasi hujan buatan atau Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang digelar oleh BPPT berkerjasama dengan TNI Angkatan Udara, Lanud Supadio, BPBD Kalbar dan lain-lain.

Menurut Tri Handoko Seto Kepala BB-TMC, hujan dibeberapa wilayah di Kalbar merupakan dampak hujan buatan. Hujan terjadi karena adanya tumbuhan awan yang cukup bagus sehingga dengan cepat menghasilkan hujan.

 “Operasi TMC dilakukan untuk mengoptimalkan potensi awan menjadi hujan. Belajar dari pengalaman tahun 2015 lalu, dimana pada musim kemarau terjadi kebakaran hutan dan lahan yang sangat parah sehingga menyebabkan penerbangan terganggu selama beberapa hari. Maka TMC perlu dilaksanakan sebagai langkah antispasi untuk pembasahan lahan-lahan gambut dan pengisian embung-embung,” kata Kepala BB-TMC.

Sedangkan Danlanud Supadio Marsekal Pertama TNI Tatang Harlyansyah, S.E menjelaskan operasi TMC yang dilaksanakan di Kalimantan Barat merupakan kerjasama antara TNI Angkatan Udara, BPPT, Pemda Kalbar serta dinas terkait.

Baca juga:  Melalui FESA, Yasarini Sukseskan Program Pemerintah

“Untuk operasi TMC ini TNI Angkatan Udara mengerahkan pesawat C-212 Cassa sedangkan bahan semai yang digunakan adalah garam (NaCl) berbentuk powder dengan ukuran butir yang sangat halus. Selain itu personel di jajaran Lanud Supadio juga siap sedia dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan”, jelas Danlanud Supadio.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel