Berita

HUKUM SOLUSI MENYELESAIKAN PERMASALAHAN

Dibaca: 208 Oleh 14 Mei 2010Tidak ada komentar
HUKUM SOLUSI MENYELESAIKAN PERMASALAHAN
#TNIAU 

KASAU:
Hukum Solusi Menyelesaikan Permasalahan


Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Herman Prayitno memimpin serah terima jabatan Kepala Dinas Hukum Angkatan Udara (Kadiskumau) dari Marsma TNI Pudi Astoto, SH., kepada penggantinya Kolonel Sus. Sunarto, SH., di Auditorium Mabesau Cilangkap. Rabu (14/11).

 

Dalam sambutannya Kasau mengatakan “Diskumau merupakan Badan Pelaksana Pusat yang membina dan menyelenggarakan fungsi pembinaan hukum dilingkungan TNI AU, yang didalamnya terlihat suatu kegiatan yang memiliki nilai strategis, meliputi Pembinaan Hukum Udara, Bantuan Hukum, Pembinaan Kesadaran dan Penegakkan Hukum serta dukungan hukum terhadap pelaksanaan tugas TNI Angkatan Udara”.

 

Kedepan, jelas Kasau, tugas-tugas hukum di lingkungan TNI Angkatan Udara menghadapi tantangan yang tidak ringan, hal ini dapat dilihat dari gambaran internal yang masih banyak permasalahan yang berkaitan dengan personel, aset, penataan dan penyusunan piranti lunak serta penegakan hukum dan menjaga keamanan wilayah nasional. Masalah personel masih terlihat tingginya angka pelanggaran disiplin maupun tindak pidana yang dilakukan oleh prajurit TNI maupun PNS di lingkungan TNI AU. Sedangkan masalah aset masih banyaknya tuntutan dan proses hukum yang belum diselesaikan sacara tuntas.

Baca juga:  Pasukan Paskhas Hiasi Langit Pontianak

 

Secara external kita tidak bisa mengelak dari kondisi yang diakibatkan oleh perkembangan global, regional dan nasional yang menimbulkan perubahan yang berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan bangsa, kompleksitas permasalahan mengharuskan hukum menjadi solusi dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Di bidang kedirgantaraan kita belum sepenuhnya mengimbangi akselerasi kemajuan tehnologi yang secara langsung berdampak pada penguasaan aspek hukum dirgantara.

 

Kasau mengharapkan, Diskumau dapat memberikan solusi secara tepat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, seraya terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya menyangkut bidang hukum yang menyangkut aspek matra udara. dengan seperti itu Diskumau akan selalu siap untuk memberikan saran pendapat hukum kepada pimpinan dalam menjawab tuntutan kompleksitas perkembangan yang dihadapi. Formulasi hukum yang tepat diharapkan dapat menghindari konflik, sehingga meminimalkan terjadinya pelanggaran HAM yang berakibat merugikan nama baik TNI AU.

 

Serah terima jabatan Kadiskumau merupakan tindak lanjut dari Skep. Kasau Nomor Sprin. 292/X/2007 tanggal 25 Oktober 2007 pergantian jabatab dilingkunga TNI AU. Marsma TNI Pudi Astoto ,SH. merupakan alumni Wamil 1982, selanjutnya akan menempati pos barunya sebagai Wakil Kepala Pengadilan Militer Utama (Wakamiltama), sedangkan Kolonel Sus. Sunarto, SH. alumni Wamil 1983 sebelumnya menjabat Sesdiskumau.

Baca juga:  Danlanud Rembiga Pimpin Sidang Pantukhirda Casis Tamtama

 

Hadir pada acara tersebut Wakasau Marsda TNI Subandrio, Para Asisten Kasau, Pangkoopsau I, Dankodikau, serta para pejabat Mabesau lainnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel