Berita

HUT Ke-69 TNI AU Lanud Ngurah Rai Ziarah Ke Tmp Pancaka Tirta Tabanan

Dibaca: 6 Oleh 09 Apr 2015Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Dalam rangka peringatan HUT ke-69 TNI Angkatan Udara, Komandan Lanud Ngurah Rai Kolonel Pnb Sugiharto Prapto W. S. Sos. selaku Inspektur Upacara beserta Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 5/Daerah II Lanud Ngurah Rai Ny. Dewi Sugiharto beserta pengurus, dan seluruh personel Pangkalan TNI Angkatan Udara Ngurah Rai, melaksanakan ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tabanan, Rabu, (8/4).

Ziarah yang dilaksanakan ini kata Danlanud bertujuan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa arwah para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan merebut, membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini merupakan komitmen TNI Angkatan Udara khususnya Lanud Ngurah Rai dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raganya. Pelaksanaan Ziarah ini diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan oleh seluruh rombongan yang dipimpin ketua rombongan Danlanud Ngurah Rai, mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga serta dilanjutkan dengan tabur bunga di makam para pahlawan oleh seluruh peserta ziarah. Tabur bunga diawali oleh Komandan Lanud didampingi Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 5/Daerah II Lanud Ngurah Rai Ny. Dewi Sugiharto, para pejabat lainnya serta dikuti oleh seluruh peserta upacara, dan pengurus Pia Ardhya Garini, diakhir acara ziarah tersebut dilaksanakan foto bersama.

Baca juga:  PENYERAHAN JABATAN DIRJIAN AIR POWER SESKOAU

Bali memiliki Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta yang berada di Tabanan. Dengan berkunjung ke tempat ini bisa menjadi penanda bahwa kita respek dan menaruh hormat yang besar kepada mereka atas jasa-jasanya yang sangat besar. Di Taman Makam Pahlawan ini tersimpan jasad para pahlawan bangsa yang gugur dalam peperangan membela republik, khususnya wilayah Bali, demi terlepasnya dari penjajahan. Di tempat ini juga ada makam putera-puteri terbaik bangsa yang gugur setelah Perang Kemerdekaan sampai sekarang.

Tepat di depan pintu taman makam ini berdiri tegak patung dua orang pahlawan yakni Wagimin dan I Gusti Debes yang menyiratkan keperkasaan para pahlawan bangsa yang pemberani dan memiliki jiwa ksatria. dengan berkunjungnya ke tempat ini Generasi penerus bangsa tentu sangat diharapkan bisa mencontoh semangat dan daya juang serta patriot pahlawan bangsa tersebut.

Taman Makam Pancaka Tirta ini adalah salah satu taman makam pahlawan yang terletak di jalan Bima, Desa Abian Tuwung, Kecamatan Marga, Tabanan, Bali. Untuk sampai disana dengan berkendaraan dari Bandara Ngurah Rai ke Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta dibutuhkan waktu kurang lebih 65 menit. Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta di bangun pada tahun 1946 sebagai tempat untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Baca juga:  PERSONEL KOOPSAU II LATIHAN MENEMBAK

Selain sebagai tempat ziarah, karena tempatnya yang asri maka Taman Makam Pahlawan ini juga dijadikan tempat rekreasi oleh masyarakat setempat. Bahkan pada waktu – waktu tertentu disekitar area parkir Taman Makam Pahlawan ini sering digunakan sebagai tempat event dan kegiatan amal.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel