Berita

HUT ke 70 Paskhas di Lanud Adisutjipto

Dibaca: 47 Oleh 18 Okt 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Korps Pasukan khas (Korpaskhas) dipusatkan di Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto, Yogyakarta, Selasa (17/10). Berbagai pertunjukan atraksi ektrim digelar pada puncak acara peringatan yang dibuka untuk umum ini.

Jika selama ini HUT Korpaskhas selalu dilaksanakan di Mako Korpaskhas di Sulaiman, Bandung, maka kali ini untuk pertama kalinya, HUT Korpaskhas dilaksanakan di Lanud Adisucipto, Yogyakarta.

Dihadapan para pasukan dan para tamu Undangan Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaiakan bahwa sebagai satuan yang dirancang untuk melaksanakan tugas-tugas khusus dan bersifat strategis, maka tuntutan untuk senantiasa meningkatkan profesionalisme, kepekaan dan kepeduliannya dalam menghadapi setiap ancaman dan gangguan yang dapat menggoyahkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjadikan hal tersebut sebagai prioritas utama demi menjaga tetap tegak dan kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

”Kepercayaan serta pengakuan terhadap kemampuan dan profesionalitas yang telah dimiliki saat ini, harus tetap terjaga dan selalu diasah dengan terus belajar dan berlatih. Ingat, hanya dengan belajar dan berlatihlah maka kemampuan dan keterampilan yang telah dimiliki akan dapat dipertahankan dan ditingkatkan”,

Baca juga:  Serah Terima Jabatan Askomlek, Kalambangja, Staf Ahli Dan Dansat Komlek Koopsau II

Dengan demikian, prajurit Korpaskhas akan dapat menunjukkan performance jati dirinya sebagai pasukan elit yang handal sehingga pada akhirnya akan mampu melaksanakan setiap tugas dengan paripurna, pungkasnya.

Acara dimeriahkan dengan berbagai show yang cukup menegangkan ribuan penonton, yakni ketangkasan prajurit, senam senjata ,senam balok dengan membentuk formasi halang rintang didalamnya ada Lempar pisau, panahan, perkelaian perorangan.

Selain itu, juga ada atraksi yang yang menegangkan diantaranya tembak ekstrim berhadapan dengan jarak 7m diatas kendaraan, dan dengan jarak kepala dengan peluru sekitar 30 cm, demo fast drive, operasi pembebasan sandera di bus, terjun static yang diikuti oleh 64 penerjun gabungan dari paskhas, dan terjun free fall oleh 100 penerjun. Semua dilaksanakan oleh para prajurit paskhas yang didatangkan dari Madiun, Malang, Bandung dan Jakarta dan diakhiri oleh defile oleh peserta upacara.

Pada saat upacara juga dilaksanakan pengangkatan 4 warga kehormatan oleh Kasau. Warga kehormatan merupakan orang yang telah berjasa dan pernah memberikan kontribusi kepasa paskhas, dintaranya Gubernur Kalimantan Tengah, Bapak Sugianto Sabran, Bupati Kota Waringin Barat Ibu Hajjah Nurhidayah, SH, MH, Bupati Sorong Selatan Bapak Samsudin Anggiluli SE serta Bupati Merauke Bapak Ferderikus Gebze, SE, MSi. Kasau memberikan penghargaan berupa pemakaian jaket Paskhas, penyematan Brivet Komando Paskhas dan Baret Jingga Korpaskhas.

Baca juga:  Kunjungan Kerja Tim Wasrik Itjen Kemhan Di Lanud I Gusti Ngurah Rai

HUT Paskhas tahun ini mengerahkan sekitar 1.500 personel. Sebagian besar diambilkan dari batalyon yang berada di Pulau Jawa.

Ikut hadir dalam Upacara peringatan HUT Paskhas ke 70 ini diantaranya sesepuh Paskhas, Para mantan Kasau, Para Pejabat TNI AU, Pejabat TNI dan Polri, Pejabat Forkompinda serta para tamu undangan lainnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel