TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

HUT Ke 73 TNI : Profesionalime TNI untuk Rakyat

By 08 Oct 2018Berita
berita-hut-tni1

TNI AU. Memperingati HUT ke 73 Tentara Nasional Indonesia, Jajaran TNI Se-prorovinsi NTB yang terdiri dari Lanud TGKH Zainuddin Abdul Madjid (ZAM), Lanal Mataram, Batalyon 742/SWY dan Korem 162/WB beserta dinas jawatan lainya menggelar upacara militer  di lapangan upacara kantor Gubernur NTB, Jum’at (5/10). Upacara peringatan HUT Ke 73 TNI berlangsung khidmat namun sederhana, diikuti oleh jajaran TNI di NTB, Kepolisan Daerah NTB, ASN jajaran TNI, Dinas Perhubungan, Pol. PP, IPDN, Basarnas, Senkom Mitra Polri, Bela Negara dan Pramuka. Selain itu dihadiri oleh Gubernur NTB Dr. Zulkiflimansyah, Wakil Gubernur NTB Hj. Siti Rohmi Djalilah, Kapolda NTB Irjen Pol Achmat Juri, Danlanud ZAM Kolonel Nav Budi Handoyo, M.Tr.(Han) dan Pimpinan FKPD Provinsi NTB Lainnya. bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., S.H., M. Han.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Irup, menyampaikan, pada kesempatan ini marilah kita memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar meringankan beban yang menimpa saudara-saudara kita Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Mountong. Demikian pula beban yang masih diderita saudara-saudara kita di Lombok. Semoga kekuatan dan ketabahan menyertai saudara-saudara kita dalam upaya memulihkan kembali kondisi sebagai mana sedia kala. TNI bersama-sama berbagi komponen bangsa lainya telah bekerja bahu membahu berupaya sekuat tenaga meringankan beban yang diderita saudara –saudara kita. TNI telah mengerahkan personel dan Alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan serta memulihan sarana dan prasarana secara bertahap.

Selain itu tema Profesionalisme TNI untuk rakyat, sangat tepat diusung pada peringatan kali ini. Tema singkat namun padat ini mengandung makna bahwa TNI yang senantiasa ditingkatkan profesionalismenya melalui berbagai pendidikan, latihan, persenjataan, alutsista serta di penuhi kesejahteraannya oleh Negara, adalah semata mata untuk rakyat Indonesia.

Panglima TNI juga menegaskan tugas TNI lainnya yang tidak kalah penting adalah, membantu pemerintah dalam mengatasi aksi terorisme, penegakkan hukum di laut, pengamanan wilayah udara, sert aterlibat dalam pengamanan even-even strategis nasional dan internasional seperti pengamanan Asin Games, Asian Para Games dan pengamanan sidang tahunan IMF- World Bank di Bali. Dalam tugas – tugas selain perang, TNI juga terlibat dalam pengamanan Pemilu. TNI berkomitmen untuk terus menjaga netralitas dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019.Kesuksesan pengamanan Pilkada 2017 dan 2018 menjadi batu pijakan dalam pengamanan pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden tahun 2019. Salah satu kuncinya adalah tekad TNI untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjadi benteng bagi keutuhan NKRI.

Puncak peringatan HUT Ke 73 TNI di NTB juga dimeriahkan oleh parade defile pasukan, simulasi pembebasan sandera oleh personil gabungan TNI-Polri, kesenian Gendang Beleq gabungan TNI-Polri serta defile alutsista dan kendaraan operasional TNI-Polri, selain itu juga dimeriahkan oleh pawai kendaraan antic dan klub motor Harley Davidson di bawah pimpinan Danlanud ZAM yang mengudang sambutan meriah dari warga kota Mataram.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

HUT Ke 73 TNI : Profesionalime TNI untuk Rakyat