Berita

HUT TNI AU, Empat Hal Antisipasi Untuk Hadapi Tantangan ke Depan.

Dibaca: 6 Oleh 11 Apr 2011Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Perkembangan lingkungan strategis telah menciptakan tantangan baru dalam pelaksanaan tugas TNI Angkatan Udara (TNI AU) kedepan, hal ini disampaikan oleh Kepala Straf Angkatan Udaran (Kasau) Marsekal Imam Sufaat dalam sambutannya pada peringatan Hari jadi ke-65 TNI Angtakan Udara yang di bacakan oleh Komandan Lanud Tanjungpinang Letkol Pnb A.M. Amran Rasjid dihadapan peserta upacara dan undangan di lapangan upacara Lanud Tanjungpinang, Sabtu (9/4).

Menurut Kasau, untuk menyikapi tantangan tersebut diatas, secara nasional ada empat hal yang perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi. Diantaranya berkaitan dengan konsisten pemerintah dalam mewujudkan alustita TNI khususnya TNI AU di berbagai bidang, TNI AU harus siap menyambut modernisasi alutsista dengan perencanaan strategis, serta harus mampu mempersiapkan segala sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan kinerja dengan tetap terciptanya zero accidet.

Kemudian Peran TNI AU dalam hal kedaulatan negara di udara sangat terkait dengan kemampuan dalam menjaga wilayah udara dari pelanggaran hukum. Sementara luas wilayah NKRI dengan kondisi keterbatasan yang dimiliki telah menciptakan berbagai kendala yang tidak ringan, sehingga dibutuhkan tekad yang kuat untuk mewujudkan tegaknya hukum dan keamanan yurisdiksi nasional.

Baca juga:  RAT PUSKOPAU “GARUDA” LANUD ABD SALEH

Selantjutnya kondisi georafis Indonesia yang rawan bencana merupakan ancaman yang sulit diduga, sehingga ketidakpastian ini harus mampu di antisipasi dengan kesiapsiangaan setiap waktu dan siap dikerahkan saat dibutuhkan.

Sebagai antisipasi yang terakir, Kasau menekankan bahwa harapan terbesar dari masyarakat yang harus mampu dijawab adalah organisasi TNI yang bersih dan berwibawa. Sehingga TNI AU sebagai bagian integral dari TNI diharapkan mampu mewujudkan jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional.

Terkait dengan upaya TNI AU dalam meningkatkan kesiapannya pada kesempatan tersebut Marsekal Imam Sufaat menyampaikan beberapa hal yang harus dipedomani oleh seluruh prajurit TNI AU diantaranya, tingkatkan penguasaan teknologi dan taati aturan hukum dan HAM serta faktor keselamatan terbang dan kerja serta tingkatkan kepekaan terhadap terdapat perkembangan situasi dan kondisi lingkungan di sekitar satuan jajaran, agar dampak negatif yang timbul oleh lingkungan dapat dicegah secara dini.

Dalam memperingati hari jadi ke-64 TNI Angkatan Udara yang jatuh pada tanggal 9 April 2010, Lanud Tanjungpinang telah menggelar berbagai kegiatan sosial dan olah raga. Kegiatan sosial yang telah dilaksanakan antara lain donor darah dan pengobatan umum dan pengobatan gigi gratis di Poliklinik Lanud Tanjungpinang bekerja sama dengan PMI Kota Tanjungpinang dan peserta donor dari TNI AL, TNI AD, Satpol PP Kota Tanjungpinang, Bandara HFB serta masyarakat umum. Adapun pengobatan gratis Poliklinik Lanud Tanjungpinang bekerjasama dengan Ikatan Dokter Gigi Indonesia (IDGI), Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang dan Tim Kesehatan Pelabuhan berserta para sponsor.

Baca juga:  Danlanud RHF Hadiri Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional 2019

Sejumlah pertandingan olah raga antar satuan kerja Lanud Tanjungpinang yang telah dilaksanakan, antara lain bola volly, bulu tangkis dan futsal. Sebagai juara adalah Staf khusus B,Dinas Operasi dan Logistik.

Sementara puncak acara Peringatan HUT ke-64 TNI AU adalah dilaksanakan upacara militer di lapangan upacara lanud Tanjungpinag, Sabtu (9/4) dengan Inspektur Upacara (Irup) Komandan Lanud Tanjungpinag Letkol Pnb A.M. Amran Rasjid. Upacara yang penuh khitmad tersebut dinaungi pesawat aerao modeling yang terbang melintas di sekitar Lanud Tanjungpinang dengan membawa banner bertuliskan ”DIRGAHAYU TNI AU”, serta pelepasan balon ke udara.

Upacara yang diikuti oleh seluruh anggota Lanud Iswahjudi baik Militer ( AU, AD, AL) maupun PNS dan Satpol PP kota Tanjungpinang tersebut dihadiri oleh segenap, Muspida Kota Tanjungpinang dan serta Pejabat TNI / Polri dan diakhiri dengan penyerahan tumpeng kepada prajuirt yang paling lama mengabdi di Lanud Tanjungpinang yaitu Serka Suyono anggota Sarban Lanud Tpi serta kepada anggota yang paling baru yaitu Letda Kes, dr. Dwiyanti Elok Palupi perwira kesehatan Lanud Tpi.

Baca juga:  Pesepeda Mako Korpaskhas Telusuri Kota Bandung

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel