Berita

Hutang Piutang Salah Satu Penyebab Disersi Personel TNI

Dibaca: 454 Oleh 13 Mar 2014Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Derasnya hujan dipagi hari di Banjarmasin tidak menyurutkan semangat Personel Lanud Sjamsudin Noor untuk melaksanakan apel pagi yang merupakan salah satu bagian dari disiplin Prajurit dan Pns TNI AU. Untuk mengawali tugas kegiatan pada hari ini, Kepala Hukum (Kakum) Lanud Sjamsudin Noor, Lettu Sus Meidianto Budi U, SH memberikan sosialisasi hukum di hadapan seluruh personel Lanud Sjamsudin Noor pada apel pagi bertempat di ruang serbaguna Lanud Sjamsudin Noor, Kamis (13/3).

Beberapa perhatian yang disampaikan oleh Lettu Sus Meidianto Budi U SH dari hasil Rakernis Hukum di Markas Besar Angkatan Udara (Mabesau) Jakarta, diantaranya adalah : Pertama, mengenai hukum dirgantara yaitu tentang revisi UU No 1 tahun 2009 tentang penerbangan. Terkait belum adanya pengaturan terhadap pertahanan wilayah udara nasional dan sangsi terhadap pesawat udara sipil yang melanggar, dipihak lain pesawat udara asing yang melanggar disidik berdasarkan UU No 1 tahun 2009 serta tidak mengatur sangsi terhadap pesawat udara sipil yang melakukan pemetaan tanpa ijin. 

Baca juga:  DANLANUD HUSEIN S. NGEGOWES KE WARBAN

Kedua, yang tidak kalah pentingnya yang menjadi penekanan Kakum Lanud Sjamsudin Noor dari hasil Rakerniskum 2014 adalah mengenai penegakan hukum personel TNI AU. Bahwa seluruh personel TNI AU mempunyai hak dan perlakuan yang sama di mata hukum. Bagi personel yang telah dilaksanakan proses hukum karena melanggar pidana maupun disiplin prajurit adalah merupakan upaya penegakan hukum guna menimbulkan efek jera dan sebagai upaya untuk meminimalisir dan menekan tindak pelanggaran pidana militer maupun disiplin prajurit. 

Adapun yang menjadi sorotan pada kasus-kasus hukum TNI AU pada Rakerniskum 2014 adalah Disersi personel saat ini yang cenderung meningkat, hal ini yang menjadi penyebabnya adalah berlatar belakang hutang piutang dan kabur dari pendidikan. Untuk itu Kepala Hukum Lanud Sjamsudin Noor menekankan agar seluruh personel Lanud Sjamsudin Noor menghindari sekecil apapun segala bentuk pelanggaran pidana maupun disiplin militer karena sekecil apapun pelanggaran pidana maupun disiplin militer akan menghambat karier dan masa depan masing-masing personel yang berdampak merugikan bagi dinas, diri sendiri dan keluarga. 

Baca juga:  Upacara Harkitnas Digelar di Kosekhanudnas IV

Tujuan disampaikan sosialisasi hukum tersebut adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang hukum dan disiplin militer kepada seluruh personel Lanud Sjamsudin Noor terkait pelanggaran pidana dan disiplin militer dengan harapan seluruh personel Lanud Sjamsudin Noor memahami dan memiliki kesadaran hukum sehingga terhindar dari segala bentuk perbuatan pelanggaran pidana dan disiplin militer. 

Kakum Lanud Sam juga menekankan kepada seluruh anggota Lanud Sam agar tidak ragu-ragu dan malu bertanya segala apa yang disampaikan maupun mengenai hukum dan disiplin militer yang kurang dimengerti dan agar semua yang telah disampaikan dipahami, diresapi dan dilaksanakan sehingga tercapai sasaran yang diharapkan oleh Pimpinan TNI Angkatan Udara. 

Acara diikuti oleh para Kepala Dinas, Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Lanud Sam, dan dilanjutkan kegiatan untuk melaksanakan tugas pokok Satker masing-masing.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel