Berita

Ibadah Qurban Memiliki Nilai Ketauhidan Yang Sangat Kental Bagi Umat Muslim

Dibaca: 145 Oleh 28 Sep 2015Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban, adalah merupakan manifestasi peringatan puncak pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim AS sebagai wujud penghambaan dan kecintaannya kepada Allah SWT, dengan menerima dan melaksanakan perintah Allah SWT untuk menyembelih putra tercintanya Nabi Ismail AS. Namun atas kuasa dan Kehendak Allah SWT, dalam peristiwa itu yang disembelih bukanlah Nabi Ismail AS melainkan seekor Gibas atau domba jantan.

Dengan keteladanan yang telah ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim AS dan putranya Ismail AS tersebut, tentunya sangat bermakna bagi kita semua seluruh umat muslim, bahwa kita semua jangan sampai terpenjara oleh kecintaan kepada dunia baik harta ataupun kedudukan dengan secara berlebihan yang akhirnya akan membawa kita lupa kepada hakekat dan tujuan hidup yang sejati, yaitu memperoleh keridhoan dari Allah SWT.

Ibadah qurban di Hari Raya Idul Adha, memiliki hikmah dan mengajarkan kepada kita semua seluruh umat muslim, agar senantiasa menjaga fitrahnya tetap suci, terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan selalu berusaha memotivasi diri untuk bekerja keras di jalan kebenaran yaitu jalan yang diridhoi Allah SWT, serta memiliki jiwa sosial yang tinggi untuk bisa berbagi dengan sesama.

Baca juga:  PERINGATAN KE-64 POMAU DI LANUD ASTRA KSETRA

Dengan syariat qurban, kita semua umat muslim telah dilatih untuk meningkatkan rasa kemanusiaannya, mengasah kepekaannya dan menghidupkan hati nuraninya. Ibadah qurban memiliki nilai ketauhidan yang sangat kental, dimana Nabi Ibrahim AS dengan mengorbankan putra satu-satunya yang sangat dicintainya, telah mengajarkan kepada kita umat manusia untuk memiliki sikap tauhid yang sesungguhnya guna membebaskan diri dari penghambaan kepada duniawi menuju penghambaan hanya kepada Allah SWT semata.

Dengan menghayati peristiwa tersebut, diharapkan kepada keluarga besar Lanud Palembang dan hadirin jemaah sholat Idul Adha, agar dapat memetik hikmah dari Hari Raya Qurban dengan sebaik-baiknya dan terus menyegarkan semangat rela berkorban dalam segala hal dikehidupan bermasyarakat. Kepada seluruh personel Lanud Palembang, dengan memaknai tema perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 1436 H / 2015 M, yaitu ; “Melalui Hikmah Idul Adha 1436 H / 2015 M Kita Tingkatkan Solidaritas, Kepedulian dan Kebersamaan Prajurit TNI Dengan Rakyat Guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa” maka dengan semangat Hari Raya Idul Adha 1436 H / 2015 M, agar meningkatkan semangat pengorbanan dengan terus membina kepedulian sosial dan menumbuh-kembangkan semangat juang serta loyalitas untuk meningkatkan profesionalisme setiap tugas yang diemban dalam upaya mempertahankan keutuhan dan kejayaan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia meskipun dihadapkan pada situasi dan kondisi seperti apapun. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Tingkatkan kesadaran diri untuk senantiasa menjaga fitrahnya tetap suci, serta tingkatkan rasa kemanusiaan dengan mengasah kepekaan dan menghidupkan hati nurani untuk rela berkorban, saling membantu dan saling mengasihi kepada sesama. Tingkatkan loyalitas dan profesionalisme prajurit TNI dalam setiap pelaksanaan tugas.

Baca juga:  Safari Binpom Puspom TNI AU di Lanud Smh

Dengan menghayati dan mengamalkan ketiga hal tersebut, Insya Allah, suasana kehidupan akan lebih tertib, aman dan damai, demikian disampaikan Komandan Lanud (Danlanud) Palembang. Letkol Pnb. M.R.Y. Fahlefie, S.Sos.psc. pada pelaksanaan Sholat Idul Adha di lapangan upacara Mako Lanud Palembang, Kamis (24/9). Bertindak selaku Imam dan Khotib pada acara tersebut Ustadz Zuldatni, S.Pd.I.

Pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1436 H/2015 M, malam sebelum pelaksanaan Sholat Idul Adha dilaksanakan takbir keliling diikuti warga komplek Lanud Palembang dan warga sekitar dengan mengambil start dan finish di Masjid Al-Asykariah Lanud Palembang. Sementara hewan korban berhasil terkumpul sebanyak 13 ekor kambing. Proses penyembelihan hewan korban dilaksanakan seusai Sholat Idul Adha dan keseluruhan daging korban disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel