Berita

IDUL ADHA’ DI LANUD ABD SALEH

Dibaca: 2 Oleh 18 Nov 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Seluruh umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha dengan melaksanakan sholat Id dan dilanjutkan pemotongan hewan kurban, demikian juga warga Lanud Abd Saleh beserta insub merayakan Hari Raya Idul Adha 1431 H’ dengan melaksanakan sholat Id di Apron Skadron Udara 32 dan pemotongan hewan kurban, Rabu, 17/11.

Komandan Lanud Abd Saleh Marsekal Pertama TNI A. Dwi Putranto dalam sambutannya sebelum pelaksanaan sholat Id menyampaikan bahwa berkurban adalah perwujudan pendekatan diri kepada Allah SWT yang merupakan manenifestasi dari pancaran kedalaman iman, sehingga kesediaan berkurban akan menjadi tolok ukur, nilai bobot dan kadar iman seseorang.

Lebih lanjut Danlanud mengharapkan, agar Idul Adha jangan hanya dihafal dan dipahami sebagai sebuah legenda histories tanpa berdampak apa-apa terhadap kehidupan kita sebagai seorang prajurit. Untuk itu dengan tema Idul Adha, yaitu “Dengan hikmah Idul Adha kita tingkatkan kepedulian social Prajurit TNI dalam rangka memperkokoh soliditas dan solidaritas demi suksesnya tugas pokok TNI”, mari kita tingkatkan keyakinan bahwa tugas yang didasari semangat pengorbanan yang iklas akan dapat mengatasi segala hambatan dan tantangan tugas yang kita hadapi, tegasnya.

Sementara itu yang bertindak sebagai imam dan khotib pada pelaksanaan sholat Id adalah Bapak Dr..H. Achmad Juanda, Akt, MM dari Malang. Dalam khotbahnya, khotib menyampaikan bahwa hikmah hari raya Idul Kurban terdapat dua hal, pertama, kurban sebagai simbolis dimana hewan yang kita sembelih bukan darahnya yang kita persembahkan tetapi merupakan symbol dari wujud ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Kedua Kurban dalam arti sosial yaitu menumbuhkan kepedulian kita kepada orang-orang yang berada di sekitar kita yang kurang mampu.

Komandan Lanud Abd Saleh Marsekal Pertama TNI A. Dwi Putranto seusai sholat Id menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi kepada panitia dan pada Idul Adha 1431 H/2010 Masehi kali ini, hewan kurban yang berhasil dikumpulkan oleh panitia mengalami peningkatan dari tahun kemarin, yaitu sebanyak 9 ekor sapi dan 64 ekor kambing dibanding tahun 2009 sebanyak 5 ekor sapi dan 52 ekor kambing. Selanjutnya daging kurban ini dibagikan kepada masyarakat kurang mampu yang berada di sekitar Lanud Abd Saleh dan Satrad 222 Ngliyep, Malang selatan.

 

Baca juga:  YONKO 463 PASKHAS, SAMBUT PASUKAN PURNA TUGAS PAM ASET TNI AU, DI LANUD LEO WATTIMENA

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel