Berita

IETM PERCEPAT SIAPKAN ENGINE

Dibaca: 11 Oleh 20 Jan 2011Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Perawatan pesawat tempur harus dilakukan dengan teliti cepat dan akurat. Untuk mewujudkan hal tersebut Skatek 042 mencoba menerapkan system IETM yaitu system komputer yang terdiri dari Tecnical Order Data (TOD) pemeliharaan OH dan menyiapkan mesin (repair engine) F-100 yang jauh lebih cepat dan akurat untuk pencarian data-data yang diinginkan.

Adapun, Interactive Elektric Tecnical Manual (IETM) memiliki kelebihan selain murah dalam produksi, baik pengelolaan maupun pendistribusian, tidak butuh ruangan yang besar dalam penyimpanan, cepat dalam pendistribusian, lebih cepat dalam pencarian penanganan trouble shooting juga butuh waktu yang singkat dalam pencarian suatu komponen dan Part Number.

Hal tersebut disampaikan Kapten Tek I Komang A.W yang sehari-harinya menjabat sebagai Kabengharpes Skatek 042 Lanud Iswahjudi, pada Briefing Pagi di Rupat Teddy Kustari, Base Ops, Rabu (19/1).

Lebih lanjut disampaikan bahwa, keuntungan dari penerapan system IETM diantaranya adalah cepat dan akurat dalam pencarian baik komponen, p/n, nama komponen, lokasi, pengerjaan engine, TO update 19 dan mudah digunakan. Namun kendala dari penerapan system IETM terdapat pada sumber daya manusia, dasar penggunaan dan perbedaan P/N.

Baca juga:  Dukung Suami, Demi Keberhasilan Melaksanakan Tugas Negara

Sementara jika kita menerapkan system Paper Tecnical Manuals lebih mahal dalam produksi, lebih rumit dalam pengelolaan maupun pendistribusian, butuh ruangan yang besar dalam penyimpanan, lambat dalam pendistribusian, kurang cepat dalam pencarian pengangan trouble shooting dan butuh waktu yang panjang dalam pencarian suatu komponen dan Part Number.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel