Berita

IGRA KOTA CIMAHI LAKSANAKAN PEMBINAAN KESADARAN BELA NEGARA

Dibaca: 22 Oleh 08 Jul 2011Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Pembinaan kesadaran bela Negara menjadi hak dan tanggung jawab setiap warga Negara tak terkecuali para Guru yang tergabung dalam Ikatan Guru Raudhatul Athfal Kota Cimahi yang selama dua hari, sejak kemarin, melaksanakan pembinaan kesadaran bela Negara yang difasilitasi oleh Seksi Pembinaan Potensi Dirgantara (Sie Binpotdirga) yang merupakan bagian dari Dinas Operasi (Disops), Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jumat (8/7).

Diawali ucapan selamat datang dari Komandan Lanud Husein Sastranegara, Kolonel Penerbang Umar Sugeng Hariyono, S.IP., SE., MM., menyambut gembira pelaksanaan pembinaan kesadaran bela Negara yang difasilitasi oleh Seksi Binpotdirga. Dalam sambutannya Komandan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan menanamkan rasa cinta tanah air serta menumbuhkembangkan rasa kepedulian yang tinggi dalam kegiatan belajar mengajar bagi para peserta. “Saya berharap dengan adanya kegiatan ini akan dapat menimbulkan semangat baru bagi para peserta untuk secara tekun menanamkan jiwa Bela Negara kepada peserta didiknya di sekolahnya masing-masing agar tidak mudah terpengaruh oleh kehidupan yang negatif di era globalisasi modern yang kerap kali identik dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi”, demikian Danlanud menegaskan.

Baca juga:  POR DEPOHAR 30 KOHARMATAU RESMI DITUTUP

Pada hari pertama penataran, Danlanud berkenan mengisi pada jam komandan yang dalam ceramahnya beliau lebih banyak berbagi tips dan trik dalam menyikapi situasi pembelajaran. “Selama sekolah, Saya jarang merasa mengantuk dalam kelas, kemauan belajar yang tinggi untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang diajarkan oleh pendidik serta kemauan yang keras untuk maju, menjadi motivasi Saya untuk tetap semangat mengikuti semua pelajaran”, tegas Komandan.

Bertempat di Wisma Muladi, para peserta yang berjumlah 30 orang, terdiri dari para Guru dan Kepala Sekolah setingkat Taman Kanak-kanak dengan antusias mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh beberapa pemegang materi meliputi “Wawasan Kebangsaan” yang disampaikan oleh Mayor Penerbang Imam Subekti, yang dalam keseharian menjabat sebagai Kepala Dinas Operasi. Materi lainnya adalah tentang “Pengamanan Terbuka” disampaikan oleh Kapten Pom Nicolas Sinaga, “Pengamanan Tertutup” oleh Kaintelpamau Mayor Sus Tri Priyo Widodo, “Hukum Dirgantara” oleh Kakum Mayor Sus Erwin Kristiono, SH., MH., serta Materi “Potensi Kedirgantaraan” yang disampaikan oleh Mayor Psk Ruslani.

Baca juga:  Direktur Pendidikan AAU : Don’t Let Safety Take a Holiday, Danger Never Takes a Vacation

Hari kedua penataran, selain materi tentang Binpotdirga, para peserta diajak berkeliling untuk dapat melihat dari dekat “bengkel Herkules”, pesawat angkut militer kebanggaan TNI Angkatan Udara di Satuan Pemeliharaan 15 (Sathar 15), Depohar 10, Husein Sastranegara. Disambut langsung oleh Komandan Sathar 15, Letkol Tek Agus, yang bersemangat menjelaskan kepada para Guru dan Kepala Sekolah setingkat TK ini, tentang proses pemeliharaan pesawat Herkules. Walaupun dijelaskan secara global tetapi antusiasme para peserta tampak tinggi, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada Dan Sathar 15.

Acara dilanjutkan dengan melihat tower base ops yang menjadi menara pengamat lalu lintas penerbangan milik Lanud Husein Sastranegara. Menurut Ibu Evi, salah seorang peserta, kegiatan ini menjadi kesempatan langka bagi mereka, karena banyak diantaranya yang baru pertama kali ini masuk ke area Lanud Husein Sastranegara. 

Penataran Pembinaan Kesadarann Bela negara ditutup oleh Kadisops mewakili Danlanud. Dalam sambutannya Komandan berharap agar kegiatan ini dapat menambah motivasi dan menambah pengetahuan serta wawasan tentang Bela Negara, yang menjadi kewajiban bagi seluruh Warga Negara Indonesia.

Baca juga:  Pangkohanudnas : Jeli dan Peduli Terhadap Lingkungan

Para pejabat yang berkenan hadir pada saat pembukaan penataran adalah Kadispers Letkol Adm Dadang Kosasih, Kadislog yang diwakili oleh Mayor Kal Alawi, dan para pejabat di lingkungan Lanud Husein Sastranegara.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel