BeritaPIA Ardhya Garini

IKKT Kohanudnas Satukan Tiga Kegiatan Dalam Pertemuan Rutin

#TNIAU 

TNI AU. Ketua IKKT Cabang BS V-Kohanudnas Ny. Erni Imran Baidirus mengadakan pertemuan rutin dengan seluruh ibu-ibu anggota IKKT Cabang BS V-Kohanudnas, IKKT Cabang 02 Kosekhanudnas I,  Wara beserta PNS Markas Kohanudnas. Pada pertemuan kali ini diadakan tiga kegiatan meliputi Gerakan Memasyarakatan Makan Ikan (Gemarikan), Gerakan Perempuan Tebar, Tanam dan Pelihara Pohon serta Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang dipusatkan di Gedung Leo Wattimena, Makohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Jumat, (15/3).

Ketua IKKT Cabang BS V-Kohanudnas Ny. Erni Imran Baidirus menyampaikan, dalam rangka mendukung Kampanye Gerakan Makan Ikan yang telah dicanangkan pemerintah sejak tahun 2004 oleh Presiden Republik Indonesia, maka IKKT Cabang BS V-Kohanudnas mengadakan kegiatan lomba membuat garnis dan sambal untuk ikan, serta makan ikan bersama pada akhir acara lomba.

Gemarikan adalah upaya sistematis yang diinisiasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk membangun kesadaran gizi masyarakat agar lebih banyak mengkonsumsi makan ikan.  Dipahami bahwa ikan kaya akan kandungan gizi seperti zat omega 3, protein, asam lemak, karbonhidrat, vitamin A, B6, B12, D, Yodium, Zat Besi, Zeng, Flour, dan kalsium. Melalui makan ikan akan mencegah terkena resiko penyakit jantung, stroke, Radang sendi, Alzheimer, dan depresi. Oleh karena itu, saya berharap semoga kegiatan ini akan bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita semua.” Ucapnya.

Pada Gerakan Perempuan Tebar, Tanam dan Pelihara Pohon diadakan penanaman Pohon Mangga di sekitar halaman belakang Gedung Serbaguna Leo Wattimena oleh Ny. Erni Imran Baidirus didampingi para pengurus. Melalui penanaman bibit Pohon Mangga secara simbolis tersebut diharapkan dapat mendorong anggota IKKT dan pengurus IKKT Cabang BS V-Kohanudnas lainnya untuk mau menebar, menanam dan memelihara pohon di lingkungan dan perumahannya masing-masing.

Guna menunjukkan kepedulian IKKT Cabang BS V-Kohanudnas diadakan pula acara peduli sampah dengan ceramah dan praktek pengolahan limbah plastik yang dibawakan oleh Devi Pramono. Dalam paparannya Devi Pramono menjelaskan Indonesia termasuk negara yang memproduksi sampah besar mendekati angka 64 juta ton per tahun. Data ini menempatkan Indonesia ke dalam negara penyumbang limbah terbesar kedua sedunia.

Untuk itu, perlu melakukan sesuatu gerakan untuk pengurangan limbah plastik, dengan cara memanfaatkan limbah tersebut untuk di daur ulang. Saat ini akan diajarkan cara  membuat Ecobrik, yaitu memanfaatkan botol-botol air mineral bekas, limbah kantong plastik, koran-koran bekas, untuk dijadikan sebuah kursi santai dan meja. Sedangkan bekas bungkus kopi, deterjent, permen bisa dimanfaatkan untuk menjadi tas, cluth, dompet, dan lain-lain. Setelah memberi penjelasan Ibu Devi melanjutkan dengan praktek membuat kaki-kaki kursi dari limbah botol air mineral dan kantong plastik bekas.

Pertemuan rutin IKKT Cabang BS V-Kohanudnas diakhiri dengan pengumuman hasil Lomba menghias ikan dengan garnis dan sambal.  Tim juri perlombaan lomba meliputi Kas Kohanudnas Marsma TNI Arif Mustofa, M.M., Kaku Kohanudnas Kolonel Adm Drs. Budi Wardoyo,M.M., Asisten Matra Laut (Assusmatla) Kolonel Laut (P) Daru Cahyo Sumirat, S.E., dan Ny. Arif Mustofa dengan kriteria antara lain tampilan serta rasa dari ikan yang dihias. Setelah melalui penilaian, akhirnya tampil sebagai juara I Ibu-Ibu IKKT dari staf Popunas Makohanudnas, Juara II dari Staf Sren Makohanunas, dan Juara III dari IKKT Cabang 02 Kosekhanudnas I, Jakarta.

 

Terkait

Komentar